BPH Migas Jadi Koordinator Jaga Stok BBM dan Listrik selama Natal dan Tahun Baru

Kompas.com - 18/12/2017, 17:35 WIB
Ilustrasi SPBU WARTA KOTA / ANGGA BHAGYA NUGRAHAIlustrasi SPBU
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) membentuk Posko Nasional ESDM menyambut libur Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, Senin (18/12/2017).

Posko tersebut dikoordinasikan melalui Badan Penyalur Hilir (BPH) Minyak Gas dan Bumi (Migas).

Melalui posko tersebut, BPH Migas akan fokus memantau beberapa sektor energi yang berhubungan langsung dengan peningkatan kebutuhan masyarakat.

"Isu sektor ESDM menghadapi Hari Raya Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 seperti perkembangan status aktivitas gunung api, potensi longsor atau gerakan tanah, pengamanan pasokan LPG 3 kilogram, puncak konsumsi bahan bakar minyak (BBM), serta kondisi pasokan listrik," demikian keterangan tertulis dari BPH Migas yang diterima Kompas.com pada Senin (18/12/2017).

Posko yang dikepalai oleh Kepala BPH Migas Fanshurullah Asa itu akan berkoordinasi dengan unit terkait di Kementerian ESDM serta pemangku kepentingan lain, yaitu Pertamina, Perusahaan Gas Negara (PGN), Perusahaan Listrik Negara (PLN), Pertagas Niaga, serta AKR Corporindo. Posko akan dioperasikan mulai hari ini hingga pekan pertama di awal tahun 2018, hingga tanggal 8 Januari.

Nantinya, petugas di posko tersebut akan memantau kondisi di sekitar 25 kota besar Indonesia serta 19 wilayah yang termasuk kategori 3T, yakni terdepan, terluar, dan tertinggal.

Mengenai perkembangan status aktivitas gunung api, hingga hari ini pukul 10.00 WIB tadi, terpantau ada dua gunung dengan status awas, yaitu Gunung Agung serta Gunung Sinabung. Sedangkan 18 gunung api lainnya berstatus waspada, dan selebihnya berstatus normal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Posko ini juga mengantisipasi potensi longsor atau gerakan tanah pada bulan Desember 2017 yang dianggap lebih meningkat dibanding waktu-waktu sebelumnya. Fokus pengawasan tanah longsor akan diutamakan di jalur yang menjadi jalan umum.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.