Natal dan Tahun Baru, BNI Siapkan Uang Tunai Rp 32 Triliun

Kompas.com - 18/12/2017, 19:03 WIB
Direktur Perencanaan dan Operasional PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, Bob Tyasika Ananta saat diskusi dengan media di Kantor Pusat Bank BNI, Jakarta, Senin (18/12/2017). KOMPAS.com/ PRAMDIA ARHANDO JULIANTODirektur Perencanaan dan Operasional PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, Bob Tyasika Ananta saat diskusi dengan media di Kantor Pusat Bank BNI, Jakarta, Senin (18/12/2017).
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna memenuhi kebutuhan transaksi nasabah pada masa libur Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2018, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) menyiapkan dana sebesar Rp 32,1 triliun.

Direktur Perencanaan dan Operasional BNI Bob Tyasika Ananta mengatakan, jumlah tersebut mengalami peningkatan 10 persen dibandingkan tahun 2016 sebesar Rp 29,08 triliun.

Bob menjelaskan, dari total Rp 32,1 triliun, sebesar Rp 22,4 akan dipenuhi dari internal perseroan sedangkan sisanya atau sekitar Rp 9,7 triliun akan dipenuhi dari eksternal.

"Eksternal itu seperti BNI menerima setoran-setoran, kliring, Bank Indonesia, dan antarbank. Proyeksi kebutuhan tahun ini naik 10 persen secara tahunan dari proyeksi tahun lalu Rp 29,08 triliun," ujar Bob saat berdiskusi dengan media di Kantor Pusat Bank BNI, Jakarta, Senin (18/12/2017).

Selain menyiapkan dana untuk transaksi nasabah, perseroan juga tengah menyiapkan berbagai hal untuk menjaga kelancaran transaksi nasabah, seperti kesiagaan jaringan Anjungan Tunai Mandiri (ATM), hingga agen Bank BNI (Agen46).

Selama libur Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2018, BNI akan menyiagakan 17.966 mesin ATM, terdiri dari 4.708 ATM di wilayah Jabodetabek dan selebihnya 13.258 ATM di luar Jabodetabek.

"Selama libur itu kebutuhan uang tunai memang meningkat. Kami proyeksikan tertinggi kebutuhan 22 sampai 23 Desember 2017. Kebutuhannya bisa naik sampai tiga kali lipat dari bulan normal," ungkap Bob.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meski demikian, Bob menyarankan, kepada nasabah untuk menggunakan layanan digital banking yang disediakan oleh perseroan guna menunjang fleksibilitas transaksi selama liburan.

Dia memastikan, layanan digital tersebut akan melayani nasabah 24 jam dan 7 hari seminggu. "Mobile banking bisa melayani kapanpun 24 jam dan 7 hari bisa melakukan variansi transaksi masing-masing," pungkas Bob.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.