Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belum Ada Maskapai Ajukan Extra Flight untuk Natal dan Tahun Baru

Kompas.com - 18/12/2017, 21:19 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebutkan hingga saat ini maskapai-maskapai penerbangan belum ada yang mengajukan penambahan penerbangan (extra flight) pada musim libur Natal dan Tahun Baru 2017. 

Padahal, menurut dia, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah mempersilahkan kepada para maskapai-maskapai agar dapat mengajukan extra flight. 

"Sampai sejauh ini belum ada permintaan (extra flight)," ujar Menhub Budi Karya di Markas Besar Polri, Jakarta, Senin (18/12/2017).

Mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II tersebut menduga, maskapai-maskapai penerbangan menggunakan pesawat berbadan lebar yang mampu mengangkut penumpang lebih banyak. 

Baca juga : Sriwijaya Air Paling Banyak Ajukan Extra Flight Pada Lebaran 2017

Sehingga, dengan alasan itu maskapai-maskapai urung mengajukan extra flight pada libur Natal dan Tahun Baru 2018.

"Jadi kami duga mereka menggunakan pesawat yang lebih besar dengan wide body," kata dia. 

Wide Body

Secara terpisah, Direktur Utama Garuda Indonesia, Pahala N Mansury mengatakan, pihaknya bakal mengerahkan pesawat berbadan lebar untuk mengangkut penumpang pada musim libur Natal dan Tahun Baru 2018.

Adapun pesawat yang dikerahkan diantaranya, Boeing 777-300ER dengan kapasitas 314 kursi dan 393 kursi, serta Airbus A330-300 dengan kapasitas 251 kursi, 287 kursi, dan 360 kursi.

Pahala mengungkapkan, secara total Garuda Indonesia dan Citilink Indonesia menyiapkan tambahan 73.158 kursi untuk musim libur Natal dan Tahun Baru 2018. 

"Peningkatannya berkisar 10 persen - 15 persen dibandingkan kapasitas yang biasanya. Kurang lebih 22.000-25.000 kursi berasal dari Garuda Indonesia," imbuh Pahala.

Kompas TV Polda Metro Jaya menyiagakan sepuluh ribu personel untuk pengamanan perayaan natal dan tahun baru di Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com