Mentan Minta Pengusaha Tidak Naikkan Harga Telur Ayam

Kompas.com - 19/12/2017, 11:48 WIB
Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta, Minggu (24/9/2017).  KOMPAS.com/ACHMAD FAUZIMenteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta, Minggu (24/9/2017). 
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman mengimbau para pengusaha yang berkaitan dengan distribusi telur ayam tidak menaikkan harga ke tingkat yang tidak wajar.

Hal ini diungkapkan usai harga telur ayam mengalami kenaikan jelang musim libur Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.

"Data di tingkat produsen masih kisaran Rp 18.000 per kilogram dan itu normal. Kami minta teman-teman pengusaha pengertiannya agar harga telur ini jangan dinaikkan," kata Amran saat ditemui Kompas.com di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Selasa (19/12/2017).

Baca juga : Jelang Natal dan Tahun Baru, Harga Telur Ayam Terus Merangkak Naik

Menurut Amran, harga telur sebelumnya sempat ada pada level Rp 12.000 per kilogram yang artinya cukup rendah. Kondisi itu didapati beberapa bulan lalu.

Sementara stok telur sendiri, menurut Amran, sudah mencapai sekitar 400.000 ton yang artinya mengalami surplus. Sehingga, alasan kurangnya pasokan dianggap kurang relevan untuk menjelaskan penyebab kenaikan harga telur.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita menyebut kenaikan harga telur ayam bersama harga daging ayam diprediksi hanya terjadi sesaat.

Dia juga menerima informasi bahwa pasokan telur ayam berkurang salah satunya karena beberapa ayam peternak dalam kondisi sakit.

Kompas TV Sejumlah bahan pokok mengalami imbas cuaca buruk.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.