Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pedagang: Harga Telur Naik Setiap Hari

Kompas.com - 19/12/2017, 13:25 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Persoalan gejolak harga pangan masih menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah setiap tahunnya, menjelang hari-hari besar keagamaan harga bahan pangan pokok kerap mengalami lonjakan.

Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) Abdullah Mansuri mengatakan, salah satu yang menjadi sorotan saat ini adalah kenaikan harga telur ayam ras di beberapa wilayah.

"Telur ini kan kenaikannya memang masif atau setiap hari ada kenaikan sekitar Rp 400, Rp 500 per kilogram, walaupun kecil-kecil tapi setiap hari sehingga ini jadi sorotan dan ini cukup berbahaya kalau tidak diantisipasi segera," ujar Mansuri kepada Kompas.com, Selasa (19/12/2017).

Menurut Mansuri, pemerintah harus mewaspadai kenaikan harga pada komoditas telur, sebab, terus mengalami kenaikan harga setiap harinya. Dia meminta pemerintah memastikan pasokan telur tersedia dengan baik, hingga pengawasan jalur distribusi.

Baca juga : Harga Telur Mahal, Ini Kata Mendag

Berdasarkan penelusuran Kompas.com, pada Selasa (19/12/2017) harga telur ayam di wilayah Jakarta Selatan dan Tangerang Selatan sudah berada di kisaran Rp 25.000 hingga 26.000 per kilogram.

Imah (33) salah satu pedagang telur di pasar Cimanggis, Tangerang Selatan mengatakan, harga telur sudah beberapa hari terakhir mengalami kenaikan, hingga saat ini telah mencapai Rp 26.000 per kilogram.

"Ini sudah naik dari kemarin-kemarin, sekarang jadi Rp 26.000 per kilogram," kata Imah kepada Kompas.com, Selasa (19/12/2017).

Selain itu, salah satu pedagang telur ayam di pasar Pondok Labu, Jakarta Selatan, Sudarmanto mengatakan, harga telur ayam memang sedang mengalami kenaikan seiring dengan datangnya musim liburan ditambah dengan Hari Raya Natal dan Tahun Baru.

"Kayak biasa aja, kalau mau liburan konsumsi baik, harga juga naik, setiap akhir tahun, kayak mau Lebaran juga gitu, sekarang Rp 25.000 per kilo, kemarin minggu masih Rp 22.000 per kilo," ujarnya.

Berdasarkan data Informasi Pangan Jakarta (IPJ) harga rata-rata telur ayam ras di Jakarta mencapai Rp 25.363 per kilogram, harga tertinggi ada di pasar pos pengumben Rp 27.000 per kilogram, dan terendah di pasar pondok labu Rp 22.000 per kilogram.

Sedangkan, data dari Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPSN) harga rata-rata telur ayam ras secara nasional telah mencapai Rp 25.300 per kilogram, harga tertinggi ada di wilayah Papua Rp 37.100 per kilogram, dan terendah di wilayah Sumatera Utara Rp 18.150 per kilogram.

Kemudian, harga rata-rata harga telur ayam di Jakarta mencapai Rp 25.650 per kilogram. Artinya, secara nasional harga telur ayam ras telah melewati harga acuan telur yang ditetapkan Kementerian Perdagangan, yakni Rp 22.000 per kilogram.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com