Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beras Organik Bondowoso akan Bersertifikasi Internasional

Kompas.com - 19/12/2017, 15:57 WIB
Kontributor Jember, Ahmad Winarno

Penulis

BONDOWOSO, KOMPAS.com - Beras organik Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, akan segera tersertifikasi internasional. Hal itu dikarenakan beras organik Bondowoso sudah merambah pasar internasional.

Bupati Bondowoso, Amin Said Husni, menerangkan, pertanian organik di Bondowoso bukan hanya sebatas pupuknya saja yang sama sekali tidak menggunakan pupuk kimia, tetapi saluran irigasinya juga organik.

“Sumber mata airnya berasal dari pegunungan, yang belum terkontaminasi kimia sedikitpun. Jadi ini benar- benar organik,” terangnya kepada Kompas.com, Selasa (19/12/2017).

Lahan pertanian organik Bondowoso berada di Desa Lombok Kulon, Kecamatan Wonosari, dengan luas mencapai 100 hektar.

“Saat ini pasar beras organik kita sudah menembus Jepang dengan permintaan cukup besar. Untuk pasar Jepang saja kita masih kurang, makanya kita terus kembangkan pertanian organik,” ujarnya.

Untuk itulah, saat ini Pemkab Bondowoso sedang mengembangkan pertanian organik di Desa Sulek, Kecamatan Tlogosari.

“Kami cukup selektif memilih lahan pertanian untuk organik. Karena tidak semua daerah kita jadikan organik, harus memenuhi semua syarat seperti mata airnya harus dari pegunungan,” lanjutnya.

Amin berharap, dengan proses serfikasi internasional tersebut, petani Bondowoso semakin memiliki daya saing sehingga berdampak terhadap peningkatan kesejahteraan.

“Insyallah akhir bulan ini (Desember) sertifikat internasional itu sudah turun,”. pungkas Amin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com