Selain Uang Elektronik, Ada Juga Kartu Kredit Digital

Kompas.com - 19/12/2017, 19:00 WIB
CEO and Co-Founder Kredivo, Akhsay Garg KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERACEO and Co-Founder Kredivo, Akhsay Garg
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika publik sudah awam dengan uang elektronik atau electronic-money (e-money) yang kini dipakai di mana-mana, kurang lengkap rasanya bila belum mengenal tentang kartu kredit digital.

Salah satu perusahaan yang bergerak di bidang financial technology (fintech), Kredivo, menyebut produk mereka sebagai sebuah kartu kredit digital yang punya perbedaan dibanding produk sejenis lainnya.

CEO and Co-Founder Kredivo, Akhsay Garg, dalam wawancaranya dengan Kompas.com menjelaskan produknya disebut kartu kredit digital karena fungsinya yang serupa dengan kartu kredit.

Meski begitu, pengguna Kredivo tidak memiliki kartu secara fisik seperti kartu kredit pada umumnya, melainkan dalam bentuk sebuah aplikasi di smartphone masing-masing.

Baca juga : Perhatikan Hal-Hal Ini Sebelum Menggesek Kartu Kredit Perdana

"Pengguna bisa belanja di merchant-merchant e-commerce pakai Kredivo, benar-benar mirip kartu kredit, tapi ini digital," kata Akhsay, Selasa (19/12/2017).

Dia menjelaskan, layanan di Kredivo ditujukan bagi sebagian besar orang Indonesia yang selama ini sulit mengajukan atau membuat kartu kredit ke bank.

Dengan kondisi Indonesia sebagai negara dengan pendapatan kelas menengah, Akhsay menilai penetrasi kredit akan tumbuh semakin tinggi.

Terlebih, pertimbangan itu didasarkan pada data yang dihimpun pihak Kredivo, dibandingkan dengan beberapa negara yang punya tingkat pendapatan per kapita mendekati Indonesia. Negara yang dimaksud di antaranya Filipina, India, hingga Thailand.

"Saat negara menjadi middle income, permintaan kredit akan melonjak," tutur Akhsay.

Lantas, bagaimana cara mengajukan kartu kredit digital ini? Terlebih, kendala orang selama ini saat mengajukan pembuatan kartu kredit karena dianggap belum memenuhi syarat dan ketentuan yang ditetapkan pihak perbankan.

Akhsay mengungkapkan, jika mengajukan kartu kredit digital di Kredivo, semua prosesnya berbasis digital dan dilakukan secara online.

Bahkan termasuk saat admin Kredivo memverifikasi data sebelum menentukan akan memberi seseorang kredit atau tidak.

Sampai saat ini, sudah ada sekitar setengah juta user yang memanfaatkan fasilitas kredit melalui Kredivo.

Dengan usia perusahaan yang baru beroperasi 1,5 sampai 2 tahun, Akhsay memprediksi pertumbuhan user dari mereka yang membutuhkan kredit akan semakin meningkat dalam beberapa tahun mendatang.

Kompas TV Perbankan mengakui, ada beban biaya yang harus ditanggulangi untuk pembuatan kartu berlogo GPN.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X