Kompas.com - 19/12/2017, 23:51 WIB
Ilustrasi pengadilan dan persidangan TOTO SIHONOIlustrasi pengadilan dan persidangan
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Produsen air minum dalam kemasan (AMDK) merek Aqua, PT Tirta Investama menyatakan, akan mendalami terlebih dahulu terkait putusan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) yang menyatakan Aqua bersalah pada sidang yang berlangsung Selasa (19/12/2017).

Kuasa hukum PT Tirta Investama Rikrik Rizkiyana mengatakan, saat ini pihak Aqua belum menerima hasil putusan lengkap dari KPPU terkait dugaan praktik persaingan usaha tidak sehat.

"Belum tahu putusan lengkapnya seperti apa, jadi pihak Aqua sendiri belum memutuskan untuk keberatan atau tidak. Saat ini mendalami dulu hasil putusannya," ujar Rikrik kepada Kompas.com, Selasa (19/12/2017) tengah malam.

Baca juga : Aqua Vs Le Minerale, KPPU Nyatakan Aqua Bersalah

Rikrik mengatakan, setelah hasil putusan diterima, maka pihaknya diberikan waktu selama 14 hari kerja untuk menentukan langkah selanjutnya apakah mengajukan keberatan atau tidak terkait hasil putusan KPPU.

Sementara itu, dirinya menyayangkan, pihak majelis tidak mempertimbangkan segala fakta-fakta dan data yang telah diajukan oleh pihak Aqua sebagai bahan pertimbangan dalam keputusan persidangan.

"Kalau melihat putusan ini sebenarnya tidak jauh dari apa yang dituduhkan oleh pihak investigator dan sepertinya majelis tidak mempertimbangkan argumentasi, data-data, fakta-fakta yang selama ini diajukan oleh pihak Aqua," jelas Rikrik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seperti diberitakan sebelumnya, persaingan usaha yang tidak sehat ini berawal dari somasi yang dilayangkan PT Tirta Fresindo Jaya, produsen air minum dalam kemasan (AMDK) Le Minerale, kepada Aqua pada Oktober 2016.

Baca juga : Aqua vs Le Minerale, Pemilik Toko Diminta Tidak Pajang Le Minerale

Saat itu, Le Minerale menyampaikan temuan di lapangan, Aqua dan distributornya bekerja sama untuk melarang sejumlah toko menjual Le Minerale.

Diduga, Aqua dan distributornya mangancam hendak menurunkan status dan fasilitas alias degregasi, dari semula star outlet (SO) menjadi wholeseller (WO) eceran terhadap pedagang yang menjual Le Mineralle.

Diduga, Aqua dan distributornya mangancam hendak menurunkan status dan fasilitas alias degregasi, dari semula star outlet (SO) menjadi wholeseller (WO) eceran terhadap pedagang yang menjual Le Mineralle.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.