Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun 2017 Pemerintah Selesaikan 6 Proyek Strategis Nasional, Ini Daftarnya

Kompas.com - 20/12/2017, 18:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun 2017 ini pemerintah sudah merampungkan enam proyek strategis nasional (PSN). Sehingga secara kumulatif sudah ada 26 PSN yang selesai dikerjakan.

Ketua Tim Pelaksana Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) Wahyu Utomo mengatakan, enam proyek yang sudah selesai per Desember 2017 meliputi jalan akses Tanjung Priok, jalan tol Soreang-Pasirkoja, jalan tol Surabaya-Mojokerto, Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Nanga Badau di Kabupaten Kapuas Hulu, PLBN Aruk di Kabupaten Sambas, dan PLBN Wini di Kabupaten Timor Tengah Utara.

"Nilai enam proyek PSN yang selesai di 2017 mencapai Rp 13,1 triliun, sementara estimasi total nilai investasi dari 26 PSN yang telah rampung sebesar Rp 46,5 triliun," kata Wahyu dalam temu media di Jakarta, Rabu (20/12/2017).

Dengan demikian hingga akhir 2017 ini, terdapat 239 PSN dan dua program (ketenagalistrikan dan industri pesawat) yang masih harus diselesaikan.

Baca juga: Fitra Sebut KA Cepat dan 224 Proyek Strategis Nasional Rawan Bancakan

Tol Soreang-Pasir Koja.Tribunnews Tol Soreang-Pasir Koja.
Menurut Wahyu, dari 239 PSN dan dua program tersebut terdiri dari 145 PSN dan satu program yang masih dalam tahap konstruksi, sembilan proyek dalam tahap transaksi, 85 proyek dan satu program dalam tahap penyiapan.

"Masih banyak yang belum rampung karena proyek seperti jalan tol lebih kompleks mengingat harus disiapkan analisis dampak lingkungan, desain, pembebasan lahan, baru konstruksi. Maka tentunya multiyears," sebut dia.

Wahyu mengatakan, dari 145 PSN yang masih dalam tahap konstruksi, terdapat 37 proyek yang telah beroperasi sebagian dan dalam waktu dekat bisa diselesaikan seperti jalan tol Medan-Tebing Tinggi, jalan tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung, dan KEK Mandalika.

"Proyek yang telah beroperasi ini kami masih hitung sebagai proyek dalam tahap konstruksi karena belum seluruhnya beroperasi," ujarnya.

Presiden Joko Widodo dan beberapa pejabat Kabinet Kerja berfoto selepas meresmikan PLBN Aruk di Sambas, Kalbar, Jumat (17/3/2017).Ridwan Aji Pitoko/KOMPAS.com Presiden Joko Widodo dan beberapa pejabat Kabinet Kerja berfoto selepas meresmikan PLBN Aruk di Sambas, Kalbar, Jumat (17/3/2017).
PSN adalah proyek terpilih yang memiliki peran strategis bagi perekonomian, kesejahteraan sosial, pertahanan, dan kedaulatan nasional yang dapat memperoleh fasilitas sebagaimana diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2016 j.o. Perpres 58/2017.

Daftar terbaru mencatat terdapat 245 PSN dan dua program dengan total nilai investasi Rp 4.417 triliun. Seluruh PSN dibagi dalam 15 sektor, di mana tiga sektor dengan jumlah proyek terbanyak adalah sektor jalan dengan 74 proyek.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com