Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pantau Angkutan Natal, Menhub Blusukan ke Manokwari dan Sorong

Kompas.com - 21/12/2017, 15:44 WIB
Bambang P. Jatmiko

Penulis

SORONG, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memantau kondisi bandara dan pelabuhan di kawasan timur Indonesia, Kamis (21/12/2017).

Dalam kegiatan ini, Menhub mengunjungi sejumlah lokasi, yakni bandara dan pelabuhan di Manokwari serta Sorong Papua Barat.

Menhub mengatakan, pelabuhan dan Bandara di Indonesia bagian timur memerlukan perhatian khusus saat menjelang Natal dan tahun baru.

"Jelang Natal, kawasan Indonesia timur ini sangat ramai sehingga jangan sampai ada komplain dari masyarakat. Kami ingin memastikan layanan bandara dan pelabuhan tetap terjaga baik," ujarnya.

Baca juga: Menhub Pakai Cara Persuasif Selesaikan Masalah Bandara Kulon Progo

Menhub juga berpesan agar kepala bandara dan pelabuhan di Indonesia bagian timur terus bersiaga mengantisipasi lonjakan penumpang.

Dari pantauan Kompas.com di Pelabuhan Sorong, kapal KM Dobonsolo yang dioperasikan PT Pelni cukup dijejali penumpang. Mereka sebagian besar ingin merayakan Natal di wilayah Ambon.

Salah satu penumpang, Anis Karisago, mengatakan bahwa untuk tiket relatif tidak ada masalah. "Namun kami tidak dapat tempat tidur. Penuh sekali penumpangnya," kata Anis.

Dia menyayangkan manajemen Pelni yang tidak menyediakan tempat tidur bagi penumpang yang telah membeli tiket.

Terkait dengan keluhan tersebut, nahkoda KM Dobonsolo, Tarmin, mengatakan memang menjelang Natal dan tahun baru, banyak penumpang yang naik kapal sehingga kenyamanan berkurang.

"Namun untuk tempat tidur, setiap penumpang masing-masing mendapatkannya. Tinggal mengambil saja nanti," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com