Sri Mulyani: Negara yang Bisa Ekspor Menunjukkan Negara Maju

Kompas.com - 21/12/2017, 23:13 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERA Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyoroti pentingnya ekspor bagi sebuah negara. Menurut dia, ekspor yang dilakukan oleh sebuah negara merupakan refleksi dari kemajuan negara tersebut.

"Negara yang bisa ekspor menunjukkan negara maju dan bisa mengalahkan negara lain," ujar Sri dalam sambutannya pada acara Penandatanganan Pembentukan Jaringan Perguruan Tinggi untuk Pengembangan Ekspor Indonesia di Kantor Kementerian Keuangan, Kamis (21/12/2017).

Sri menuturkan, ketika berbicara tentang ekspor, maka tidak hanya mencakup menjual komoditas ke luar negeri. Namun, ekspor juga mencakup jasa, yang saat ini Indonesia masih mencatatkan defisit.

Ekspor jasa, imbuh Sri, mencakup antara lain lembaga keuangan hingga lembaga pendidikan. "Kita sekarang menggiatkan ekspor di bidang tourism (pariwisata), yaitu merupakan ekspor jasa," tutur Sri.

Baca juga: Sri Mulyani Belum Puas dengan Kenaikan Peringkat Indonesia

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut menuturkan, penting untuk dapat bekerja sama daam meningkatkan ekspor Indonesia. Pertumbuhan ekonomi Indonesia hingga kuartal III 2017 menunjukkan kinerja yang baik, didorong peningkatan ekspor.

Akan tetapi, apabila dibandingkan dengan negara-negara lain di kawasan Asia Tenggara, pangsa ekspor Indonesia masih jauh di bawah negara-negara lainnya. Pangsa pasar ekspor Indonesia tercatat hanya 12,5 persen, di bawah Singapura, Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

"Artinya, sebagai negara besar, geografis besar, potensi besar, kemamuan kita menghasilkan barang yang bisa kita ekspor masih sangat di bawah negara lain," jelas Sri.

Indonesia pun belum bisa membalikkan transaksi berjalan yang saat ini defisit menjadi surplus. Oleh karena itu, penting untuk mendorong ekspor agar transaksi berjalan Indonesia dapat surplus.

"Ekspor adalah kegiatan yang mampu menggambarkan competitiveness (daya saing) suatu negara, yang merupakan turunan dari inovasi, produktivitas, dan daya saing suatu negara dengan negara lain," terang Sri.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X