Kompas.com - 22/12/2017, 11:30 WIB
Penandatanganan nota kesepahaman Jaringan Perguruan Tinggi untuk Pengembangan Ekspor Indonesia di Kementerian Keuangan, Kamis (21/12/2017). KOMPAS.com/SAKINA RAKHMA DIAH SETIAWANPenandatanganan nota kesepahaman Jaringan Perguruan Tinggi untuk Pengembangan Ekspor Indonesia di Kementerian Keuangan, Kamis (21/12/2017).
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia atau Indonesia Eximbank menjalin kerja sama dengan 11 perguruan tinggi negeri (PTN).

Kerja sama ini terkait pembentukan University Network for Indonesia Export Development (UNIED) atau Jaringan Perguruan Tinggi untuk Pengembangan Ekspor Indonesia.

Kerja sama ini dimaksudkan untuk meningkatkan sinergi dan kerja sama untuk mendukung kegiatan riset dan pengembangan ekspor nasional.

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Eksekutif Indonesia Eximbank Sinthya Roesly dan 11 rektor PTN. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyaksikan penandatanganan tersebut.

Baca juga : Perguruan Tinggi Harus Lahirkan Banyak Wirausaha Baru

11 PTN yang bergabung dalam UNIED antara lain Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Airlangga (Unair), Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Sumatra Utara (USU), Universitas Hasanuddin (Unhas), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Sebelas Maret (UNS), Universitas Riau (Unri), Universitas Mataram (Unram), dan Universitas Udayana (Unud).

"UNIED diharaokan dapat menyumbangkan pemikiran-pemikiram segar untuk kemajuan pengembangan ekspor nasional yang mampu menggali potensi ekspor di masing-masing provinsi maupun daerah," ujar Sinthya dalam konferensi pers di Kantor Kementerian Keuangan, Kamis (21/12/2017).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada kesempatan yang sama, Sri Mulyani menyatakan kontribusi perguruan tinggi dalam memberikan ide-ide segar melalui topik dan hasil penelitian, serta pengembangan kinerja ekspor Indonesia.

"Kontribusi perguruan tinggi diharapkan turut andil dalam perumusan kebijakan, regulasi, dan strategi operasional dalam pengembangan ekspor nasional, terutama dalam rangka peningkatan daya saing ekspor melalui produk-produk ekspor unggulan Indonesia," ungkap Sri Mulyani.

Kompas TV 44 Perguruan Tinggi Ini Deklarasi Anti-Radikalisme




26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.