Kemenhub: Kereta Bandara Soekarno-Hatta Telah Lalui Uji Tahap Akhir

Kompas.com - 25/12/2017, 22:51 WIB
Suasana di Stasiun Batu Ceper, Tangerang, Kamis (23/11/2017). Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau pengoperasian kereta api (KA) Bandara Soekarno Hatta sebelum beroperasi pada awal bulan Desember 2017 mendatang. KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELISuasana di Stasiun Batu Ceper, Tangerang, Kamis (23/11/2017). Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau pengoperasian kereta api (KA) Bandara Soekarno Hatta sebelum beroperasi pada awal bulan Desember 2017 mendatang.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Perkeretapian, telah melaksanakan uji coba tahap akhir terkait operasional Kerera Api (KA) Bandara Soekarno Hatta.

Direktur Jenderal Perkeretaapian, Zulfikri mengatakan, uji coba tahap akhir ini melibatkan berbagai instansi terkait, mulai dari Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api, PT Railink, Balai Teknik Perkeretaapian Jakarta dan Banten termasuk seluruh tim penguji dari Balai Pengujian Perkeretaapian.

Zulfikri berujar, uji coba ini dilakukan guna menindaklanjuti instruksi Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi beberapa waktu lalu.

Baca juga : Inilah Kemewahan yang Diperoleh Saat Naik Kereta ke Bandara...

Setelah melalui serangkaian rapat koordinasi, disepakati bahwa KA Bandara Soekarno Hatta akan beroperasi secara penuh pada tanggal 2 Januari 2018 mendatang.

"Ini uji coba final. Kami pastikan semua sarana, prasarana dan Sumber Daya Manusia (SDM) siap, dapat diandalkan," ujar Zulfikri melalui keterangan resmi, Senin (25/12/2017).

Menurutnya, sejak awal Desember 2017, sarana KA Bandara telah melewati serangkaian ujicoba tanpa penumpang, hal ini dilakukan untuk mengetahui segala kekurangan yang terjadi untuk dijadikan bahan evaluasi dan menindaklanjuti rekomendasi hasil pengujian.

Kemudian, pada tanggal 24-25 Desember 2017, semua rekomendasi hasil ujicoba tersebut dipenuhi, maka telah dijalankan penuh perjalanan KA Bandara sebanyak 42 KA per hari yang difokuskan kepada penyesuaian jadwal perjalanan, serta ketepatan waktu kedatangan dan keberangkatan.

Baca juga : Begini Cara Membeli Tiket Kereta Bandara

"Mulai tanggal 26 Desember 2017 besok, PT Railink akan melakukan soft launching dengan tarif promo Rp 30.000 per penumpang," paparnya.

Zulfikri menegaskan, pengoperasian KA Bandara Soekarno Hatta merupakan upaya Kementerian Perhubungan untuk memudahkan akses masyarakat, meningkatkan mobilitas serta menjadi solusi mengurangi kepadatan jalan dari dan menuju bandara.

Baca tentang


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X