Masih Ada Warga yang Belum Tahu Pembelian Tiket KA Bandara Tak Bisa Tunai

Kompas.com - 26/12/2017, 20:26 WIB
Antusias masyarakat saat ingin mencoba kereta api bandara di Stasiun Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang,Banten, Selasa (26/12/2017). Uji coba KA Bandara Soekarno-Hatta dilakukan hingga peresmian operasinya pada 2 Januari 2018. Selama uji coba, PT KAI telah menetapkan harga tiket yang bisa dibeli warga, yakni Rp 30.000. MAULANA MAHARDHIKAAntusias masyarakat saat ingin mencoba kereta api bandara di Stasiun Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang,Banten, Selasa (26/12/2017). Uji coba KA Bandara Soekarno-Hatta dilakukan hingga peresmian operasinya pada 2 Januari 2018. Selama uji coba, PT KAI telah menetapkan harga tiket yang bisa dibeli warga, yakni Rp 30.000.
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan  dan PT Railink melakukan uji coba operasional Kereta Bandara Soekarno-Hatta, Selasa (26/12/2017).

Pada uji coba hari pertama ini, ternyata banyak masyarakat yang belum mengetahui bahwa pembelian tiket kereta bandara ini tidak bisa menggunakan uang tunai. Pembelian tiket dilayani melalui mesin menggunakan alat pembayaran kartu debet, kartu kredit maupun uang elektronik (e-money).

“Tadi baru tanya petugas katanya tidak boleh menggunakan uang tunai. Untung saya masih punya saldo di ATM,” ujar Bagas (26) salah satu calon penumpang.

Sementara penumpang lain mengaku harus menggunakan kartu debet milik temannya untuk membeli tiket. “Tadi saya bawanya uang cash dan saya tidak punya rekening. Alhamdulillah ada teman saya yang punya saldo di rekeningnya,” sebut Ayu (19), warga Depok.

Baca juga: 26 Desember, Masyarakat Bisa Naik Kereta Bandara Soekarno-Hatta

Sementara itu Direktur Utama PT Railink Heru Kuswanto mengatakan, pihaknya sudah mensosialisasikan melalui media massa bahwa pembayaran tiket kereta bandara tidak bisa menggunakan uang tunai.

Namun dia tidak mempermasalahkan bila masih banyak warga yang belum mengetahui. “Jadi ini lah pentingnya uji coba untuk mensosialisasikan secara langsung teknis pembelian tiket kepada masyarakat. Saya kira uji coba seminggu ini akan efektif memberi informasi kepada masyarakat,” ucapnya.

“Karena bisa kita lihat dalam uji coba hari pertama ini banyak yang sekedar mencoba dan tidak benar-benar menuju bandara. Dalam uji coba ini kami memang tidak menyasar jumlah tapi yang paling penting adalah pengenalan, jadi memang di sini kita cashless,”  tambah dia.

Uji coba Kereta Bandara  akan berlangsung hingga 1 Januari 2018.  PT Railink menetapkan harga tiket promo sebesar Rp 30.000 per penumpang dalam uji coba ini.  Sementara mulai 2 Januari 2018 akan berlaku tarif normal Rp 70.000 per penumpang. (Tribunnews.com/Rizal Bomantama)

Berita ini sudah tayang di Tribunnews.com dengan judul Banyak yang Tak Tahu Pembelian Tiket KA Bandara Tak Bisa Gunakan Uang Tunai


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X