Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkah Natal, Trafik Data XL Naik 146 Persen

Kompas.com - 28/12/2017, 10:00 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari Raya Natal jadi berkah tersendiri bagi operator telekomunikasi. PT XL Axiata Tbk (EXCL) mengalami lonjakan kenaikan trafik data hingga 146 persen mulai 23 Desember 2017 hingga 27 Desember 2017.

Khusus pada 25 Desember 2017, trafik data naik 9 persen. Sementara pada tanggal 23,24, 26, dan 27 trafik data naik 5 persen dari trafik data rata-rata di hari biasa.

Akses ke layanan data dan video streaming menjadi pendorong utama kenaikan trafik tersebut.

"Pelanggan terlihat melakukan akses ke media sosial secara lebih intens. Mungkin pada mengucapkan Selamat Natal, selain secara verbal tertulis, juga dengan melakukan video call," tulis Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D Yosetya, melalui keterangan pers.

Baca juga : Jangkau Pelosok, XL Axiata Perluas Jaringan

Dia menambahkan, bahwa media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan Youtube masih menjadi tempat masyarakat dan pelanggan XL Axiata untuk menghabiskan aktivitasnya di dunia digital.

"Secara rata-rata, akses ke media sosial berbagai platform naik sebesar 15 persen," lanjut Yessie.

Dari ragam media sosial itu, mereka juga mengakses informasi berita yang disediakan media, menyampaikan pesan pribadi, chatting, bahkan juga melakukan belanja.

Sementara itu, kaum muda banyak mengakses layanan video di Youtube. Selain itu, akses ke video atau film juga banyak dilakukan di website atau aplikasi penyedia video on demand antara lain iflix.

"Area dengan kenaikan trafik tertinggi, wilayah Yogyakarta menyumbang kenaikan tertinggi dengan 24 persen," tulis Yessie.

Untuk wilayah dengan komunitas pemeluk Nasrani lebih banyak seperti Sumatera Utara dan Sulawesi, kenaikan masing-masing mencapai 19 persen dan 7 persen.

Kompas TV Kementerian Komunikasi dan Informatika mewajibkan pengguna sim card prabayar untuk melakukan registrasi nomor pelanggan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com