Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ethereum Akan Jadi Bitcoin Berikutnya?

Kompas.com - 28/12/2017, 11:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

LONDON, KOMPAS.com - Sepanjang tahun 2017 ini, nilai mata uang digital bitcoin meroket hingga menyentuh level tertinggi sepanjang sejarah. Akan tetapi, bitcoin bukan satu-satunya mata uang digital yang nilainya melesat.

Ethereum adalah mata uang digital terbesar kedua setelah bitcoin. Hingga 25 Desember 2017 lalu, menurut data CoinMarketCap, nilai ethereum mencapai rekor tertingginya, yakni 850 dollar AS atau sekitar Rp 11,4 juta dengan kapitalisasi pasar mencapai 82 miliar dollar AS.

Investor mata uang digital Oliver Isaacs meyakini bahwa ethereum akan sama sukses dan menguntungkannya seperti bitcoin. Menurut data Coindesk pada Kamis (28/12/2017), nilai bitcoin bertengger pada level 15.296 dollar AS atau sekitar Rp 206,4 juta.

Baca juga : Aksi Jual Bitcoin Terus Berlanjut, Ethereum Mulai Dilirik

Isaacs adalah lulusan London School of Economics, Inggris. Ia mendeskripsikan dirinya sebagai pengusaha dan investor mata uang digital, yang memperoleh keuntungan 10.000 persen dari investasi pada mata uang digital selama beberapa tahun terakhir.

Pada awal tahun 2017, Isaacs membeli ethereum seharga hanya 14 dollar AS per koin atau sekitar Rp 189.000. Adapun saat ini investasi ethereum yang dimilikinya bernilai lebih dari 300 dollar AS, setara sekitar Rp 4 juta.

Mata uang virtual tandingan bitcoinDok. Bloomberg Mata uang virtual tandingan bitcoin
Isaacs menyebut, saat ini bitcoin jelas merupakan pemimpin pasar dalam hal nilai per koin. Selain itu, bitcoin juga merupakan mata uang digital yang paling dikenal dan paling banyak digunakan.

"Akan tetapi, saya meprediksi ethereum akan memiliki potensi jangka panjang terbaik dibandingkan mata uang digital lainnya, karena fleksibilitas dan kontraknya yang cerdas," tutur Isaacs seperti dikutip dari media Inggris Express.

Baca juga : Setelah Bitcoin, Kini Muncul Mata Uang Virtual Ethereum

Menurut Isaacs, mata uang digital yang dipilihnya sebagai instrumen investasi adalah yang memberikan nilai atau kegunaan, aplikasinya di kehidupan sehari-hari di masa mendatang, dan mempunyai pertumbuhan yang solid. Sehingga, ia memilih mata uang digital yang nilainya tak terlalu tinggi dan belum banyak dikenal.

Kompas TV Bitcoin terus menjadi sorotan pelaku sektor keuangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com