Barang 500 Dollar AS Bebas Bea Masuk, Gaya Hidup Putra Mahkota Saudi, Ini 5 Berita Populer Ekonomi

Kompas.com - 29/12/2017, 05:00 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani KOMPAS.com/Yoga Hastyadi WidiartantoMenteri Keuangan Sri Mulyani
Penulis Aprillia Ika
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi orang Indonesia, oleh-oleh atau buah tangan dari tempat bepergian adalah keharusan. Paling tidak, untuk diberikan ke keluarga di rumah. Apalagi jika oleh-oleh tersebut dibawa dari luar negeri.

Masyarakat Indonesia sendiri sempat dibuat heboh dengan adanya bea masuk oleh-oleh tersebut.

Video penarikan bea masuk impor kepada penumpang yang membawa tas bermerek dari luar negeri oleh petugas Bea Cukai Bandara memicu komentar beragam dari netizen.

Baca juga : Tahun Depan, Intangible Goods Bakal Dikenakan Bea Masuk

Bahkan termasuk Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia. Kadin menilai batasan bea masuk tersebut sangat kecil dan perlu untuk dinaikkan.

Pada saat kejadian, batasan harga barang yang dikenai bea masuk yaitu barang dengan harga di atas 250 dolar AS per individu dan 1.000 dolar AS per keluarga.

Aturan bea masuk impor untuk barang pribadi penumpang diatur di dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 188 Tahun 2010. Aturan ini akan segera diubah sehingga barang pribadi di atas 500 dollar AS yang akan dikenai bea masuk.

Baca juga : Heboh Bawa Tas Mahal Ditagih Bea Masuk, Sri Mulyani Bantah Aturan Diperketat

Berita lain yang diminati oleh pembaca kanal ekonomi Kompas.com adalah soal gaya hidup mewah putra mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman.

Dia dikecam menghamburkan uang membeli aneka kemewahan di saat dirinya memimpin lembaga antikorupsi yang memenjarakan 11 pangeran lain.

Baca juga : 11 Pangeran Arab Saudi Ditangkap, Demi Reformasi Ekonomi?

Berikut lima berita populer di kanal ekonomi Kompas.com pada Kamis (28/12/2017) yang bisa Anda baca kembali hari ini.

1. Sri Mulyani: Barang Pribadi Senilai 500 Dollar AS Bebas Bea Masuk

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X