Semester I 2018, Barito Pacific Rampungkan Akuisisi Star Energy

Kompas.com - 29/12/2017, 14:58 WIB
Ilustrasi: merger dan akuisisi Thinkstockphotos.comIlustrasi: merger dan akuisisi
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Barito Pacific Tbk (BRPT) bakal menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) untuk meminta persetujuan rencana penambahan modal melalui mekanisme penawaran umum terbatas dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD). RUPSLB juga meminta restu rencana akuisisi 66,67 persen saham Star Energy Group Holdings Pte. Ltd.

Manajemen Barito menunda RUPSLB yang awalnya akan dilakukan pada 22 Januari 2018 sampai dengan waktu yang akan ditentukan lebih lanjut. Namun, tidak melampaui kuartal II 2018 dan dengan agenda yang sama.

Penundaan terjadi salah satunya karena adanya minat yang tinggi dari calon investor terutama institusi asing terhadap rencana aksi korporasi BRPT.

Wakil Presiden Direktur PT Barito Pacific Tbk Rudy Suparman memastikan, penjadwalan ulang RUPLSB tersebut tidak membatalkan rencana rights issue dan akuisisi Star Energy. Penundaan tersebut justru untuk mengakomodir atensi dari investor asing.

Baca juga: Paytren Milik Yusuf Mansur Akuisisi Perusahaan IT Hongaria, Cellum

"Pelaksanaan RUPSLB akan dilaksanakan pada tanggal yang akan ditentukan kemudian. Yang pasti pada akhir semester I 2018, rencana rights issue dan akuisisi 66,67 persen saham Star Energy akan tetap berjalan sesuai rencana," kata Rudy dalam pernyataannya, Jumat (29/12/2017).

Rudy menambahkan, Barito akan menerbitkan sebanyak-banyaknya 5,6 miliar saham baru. Adapun target perolehan dana sebanyak-banyaknya 1 miliar dollar AS. Dana sebesar itu selanjutnya akan digunakan untuk mendukung akuisisi Star Energy, serta menambah modal kerja perseroan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Pelaksanaan Rights issue juga bertujuan agar saham Barito Pacific dapat dimiliki oleh investor institusi baru dan publik, sehingga dapat berdampak positif terhadap likuiditas saham BRPT di bursa," jelas Rudy.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.