BEI Cetak Sejumlah Rekor, Ini Komentar Sri Mulyani

Kompas.com - 29/12/2017, 20:34 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERA Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menilai kinerja dari perusahaan yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2017 sudah cukup baik. Hal itu terbukti dengan tercatatnya rekor melalui indikator peningkatan jumlah investor, nilai investasi, serta jumlah perusahaan yang melantai di bursa tahun ini.

Jumlah investor pasar modal tercatat mencapai 1,12 juta atau mengalami peningkatan sebesar 44 persen dalam kurun dua tahun terakhir. Nilai investasi investor domestik sepanjang tahun ini mencapai Rp 340 triliun dan ada 37 perusahaan yang melakukan pencatatan perdana saham (initial public offering/IPO) selama 2017, merupakan yang tertinggi dalam 23 tahun terakhir.

"Ini menggambarkan kinerja dari perusahaan yang listing di Bursa Efek Indonesia karena dengan fundametal perusahaan ini, bahkan dengan perusahaan milik negara yang listed, mereka juga bisa menunjukkan profitabilitas yang cukup solid dan itu dilihat oleh para investor," kata wanita yang akrab disapa Ani ini, usai menghadiri acara penutupan perdagangan 2017 di gedung BEI, Jumat (29/12/2017).

Pada penutupan perdagangan di BEI tadi, indeks harga saham gabungan (IHSG) mencapai level 6.355,65. Angka ini tercatat menguat sebesar 0,66 persen atau 41,61 poin dan merupakan yang tertinggi sepanjang sejarah perdagangan di BEI.

Baca juga : Sri Mulyani: Barang Pribadi Senilai 500 Dollar AS Bebas Bea Masuk

Menurut Ani, hal itu menjadi sinyal optimisme untuk menyongsong tahun 2018. Perusahaan yang telah melantai di bursa juga diminta memanfaatkan momentum ini untuk investasi dengan nilai yang lebih tinggi.

"Saya berharap perusahaan listed ini juga melakukan ekspansi sehingga pertumbuhan ekonomi bisa dipacu dengan investasi yang lebih baik. Ada keseimbangan antara ekspor, konsumsi, sama investasi," tutur Ani.

Adapun capaian lain yang dicatat pihak BEI adalah kepercayaan investor asing terhadap Indonesia, dengan realisasi 15 persen dari total kenaikan investasi sebesar Rp 261 triliun. Juga literasi pasar modal, berdasarkan survei AC Nielsen, meningkat dari 4,3 persen tahun 2016 menjadi 15 persen pada 2017.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.