Kompas.com - 30/12/2017, 20:49 WIB
Ilustrasi pesawat rebelcircus.comIlustrasi pesawat
|
EditorKurnia Sari Aziza

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia menyatakan inflasi indeks harga konsumen hingga pekan keempat Desember 2017 mencapai 0,61 persen. Dengan demikian, inflasi secara tahunan (yoy) berada pada kisaran 3,5 persen.

Gubernur BI Agus DW Martowardojo menuturkan, angka tersebut diperoleh dari survei pemantauan harga (SPH) yang dilakukan bank sentral di 88 kota.

"Inflasi dari hasil survei terakhir BI di 88 kota ada di kisaran 0,61 persen," kata Agus di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (29/12/2017).

Baca juga: Harga Telur dan Cabai Dorong Inflasi hingga Pekan Ketiga Desember 2017

Agus mengatakan, ada beberapa komponen harga pangan yang bergejolak atau volatile food yang memicu inflasi pada Desember 2017. Komponen tersebut antara lain daging ayam, telur ayam ras, cabai merah, dan beras.

Di samping itu, harga tiket pesawat juga menjadi salah satu komponen pemicu inflasi pada Desember 2017. Ini sejalan dengan periode liburan akhir tahun.

Menurut Agus, inflasi pada 2018 akan terus terkendali. Bank sentral memperkirakan inflasi pada 2018 akan berada pada kisaran 3,5 plus minus 1 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kompas TV Suka bunga perbankan dirasa makin tinggi, rumah pun makin sulit dimiliki.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.