5 Cara Pilih Asuransi Jiwa yang Pas

Kompas.com - 01/01/2018, 11:04 WIB
Ilustrasi asuransi Thinkstock/Nelosa Ilustrasi asuransi

KOMPAS.com - Asuransi kini sudah tidak menjadi sesuatu yang mewah dan mahal, bahkan kini asuransi menjadi sebuah gaya hidup bagi golongan masyarakat tertentu.

Masyarakat berpendapat jika asuransi seharusnya dimiliki semua orang untuk menjamin masa depannya. Tidak hanya sebagai gaya hidup dan penjamin masa depan karena dengan memiliki asuransi hati akan merasa bahagia dan tenteram.

Dengan menjadikan asuransi sebagai gaya hidup atau kebutuhan primer, Anda juga harus cermat dalam memilih asuransi jiwa yang tepat. Berikut ini adalah lima tips dari Cermati.com dalam memilih asuransi jiwa yang tepat.

1. Pilihlah Asuransi Sesuai Kebutuhan Anda

Memilih asuransi yang tepat harus dilakukan sebelum memutuskan untuk membelinya. Seperti halnya ketika akan membeli pakaian, tentu Anda akan memikirkan apakah pakaian tersebut cocok, apakah ukurannya sesuai dengan tubuh Anda, dan hal yang sama juga harus dilakukan ketika akan membeli asuransi. Kenali produk asuransi yang akan dibeli, dan ketahui apa saja manfaat dari produk tersebut.

Ketika Anda akan membeli produk asuransi, pihak asuransi akan menawarkan begitu banyak produk. Di sinilah Anda harus cermat dalam memilih produk mana yang sesuai dengan kebutuhan.

Kenali apa manfaat yang akan diterima jika membeli produk tersebut karena hal ini akan sangat memengaruhi apa yang akan didapatkan dari asuransi yang digunakan. Misalnya saja ketika Anda membutuhkan biaya dalam kondisi yang terdesak seperti sakit, biaya pendidikan anak, dan lain sebagainya.

Hal inilah yang harus dipikirkan sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk asuransi. Dan  sebelum membeli produk asuransi, sebaiknya Anda mengenali produk, membandingkan antar produk satu perusahaan dengan perusahaan lainnya yang sesuai dengan kebutuhan.

2. Anggaran Asuransi

Kedua hal yang harus diperhatikan sebelum memilih asuransi jiwa adalah berapa anggaran yang harus dikeluarkan untuk asuransi jiwa tersebut. Anda harus bisa menyesuaikan berapa anggaran yang harus dikeluarkan setiap bulannya.

Hal ini harus dipikirkan agar tidak mengganggu kebutuhan lain yang juga membutuhkan anggaran setiap bulannya. Jika anggaran yang dimiliki jumlahnya terbatas, namun tetap ingin memiliki perlindungan asuransi jiwa, Anda bisa memilih asuransi kesehatan murni yang harga premi per bulannya rendah atau menyesuaikan dengan kemampuan finansial Anda.

Dengan perencanaan yang matang, Anda bisa mengetahui apa saja hal yang membutuhkan anggaran tetap setiap bulannya. Anda bisa membagi pendapatan sekitar 10 persen atau lebih untuk asuransi jiwa yang nantinya bisa melindungi diri di masa depan.

3. Track Record Perusahaan Asuransi

Halaman:


EditorBambang Priyo Jatmiko
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Close Ads X