Ribuan Titik di Jabodetabek Alami Gangguan Mati Listrik

Kompas.com - 02/01/2018, 09:16 WIB
Daerah terdampak gangguan listrik padam pada Selasa (2/1/2018) pagi, berdasarkan pantauan real time di situs pelita.plnjaya.co.id. Dok. PLNDaerah terdampak gangguan listrik padam pada Selasa (2/1/2018) pagi, berdasarkan pantauan real time di situs pelita.plnjaya.co.id.
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com — Sejumlah daerah di Jabodetabek mengalami gangguan mati listrik yang diestimasi akan terjadi hingga beberapa jam. Daerah tersebut antara lain Tanjung Duren, Pamulang, Cimanggis, Serpong, dan Bintaro. 

Tidak hanya tiga daerah tersebut, dilihat dari situs pelita.plnjaya.co.id sekitar pukul 07.30 WIB terdapat 1.975 wilayah yang terjadi gangguan mati listrik. Kemudian hingga sekitar pukul 08.00 WIB ada 3.693 wilayah terdampak dengan estimasi lama pemadaman hingga 3 jam. 

Banyak masyarakat yang menanyakan gangguan mati listrik. Salah satunya bertanya lewat media sosial Twitter resmi PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) (PLN) @pln_123. 

Salah satu warga bernama Niniz dengan akun Twitter Ruth Novalinda @ruthnovalinda menanyakan ke Twitter resmi PLN tentang gangguan mati listrik di daerah Bintaro.

"@pln_123 min tolong dinyalain atuh listriknya di Discovery Conserva, Bintaro Jaya Sektor 9, Tangerang Selatan, 15224. Tolong ya min," tulis Ruth dalam twitternya. 


Akun Twitter resmi PLN langsung merespons pertanyaan masyarakat. Dalam tweet-nya, PLN memberitahukan bahwa di daerah tersebut mengalami gangguan listrik karena adanya gangguan sistem jaringan kelistrikan. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

PLN juga memberitahukan gangguan sistem jaringan kelistrikan juga terjadi di seluruh daerah tersebut. Namun, PLN tidak menyebutkan apa penyebab gangguan tersebut. 

"Mohon maaf, di wilayah tersebut padam akibat gangguan sistem kelistrikan dan dalam penanganan," tulis PLN dalam akun Twitter-nya. 

Dari keterangan Dispa WPO Metro PLN disebutkan bahwa gangguan terjadi pukul 07.18 WIB akibat black out di Gardu Induk Muara Karang dan SS Gandul. Namun, belum ada penjelasan dari PLN terkait ganggaun apa yang membuat black out pada pagi ini. 

Kompas.com masih berupaya meminta konfirmasi dari PLN Disjaya terkait hal ini. 

Baca juga : PLN Jelaskan Penyebab Mati Listrik di Wilayah Jakarta dan Tangerang

Kompas TV Rencana pemerintah melalui Perusahaan Listrik Negara (PLN) menyederhanakan golongan daya listrik akan dilakukan tahun depan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.