Tampil "Casual", Jokowi Resmikan Layanan KA Bandara Soekarno-Hatta

Kompas.com - 02/01/2018, 09:28 WIB
Presiden Joko Widodo bersama rombongan saat menghadiri acara peresmian layanan KA bandara di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (2/1/2018) pagi. KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERA Presiden Joko Widodo bersama rombongan saat menghadiri acara peresmian layanan KA bandara di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (2/1/2018) pagi.
|
EditorAprillia Ika

TANGERANG, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo ( Jokowi) meresmikan operasional layanan kereta api Bandara Soekarno-Hatta di stasiun KA Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (2/1/2018) pagi.

Layanan KA bandara sebelumnya telah beroperasi melalui soft launching yang dilaksanakan pada 26 Desember 2017 lalu.

Pantauan Kompas.com di lokasi, Presiden Jokowi nampak hadir pukul 08.50 WIB. Saat memasuki area stasiun KA bandara, Jokowi mengenakan kaos merah lengan panjang dan celana panjang hitam dipadu dengan sepatu sneakers Nike warna merah.

Pakaian Jokowi berbeda dengan tamu undangan lain yang sebagian besar mengenakan pakaian formal seperti batik lengan panjang.

Baca juga : Jokowi Akan Resmikan Kereta Bandara Soekarno-Hatta pada 2 Januari 2018

"Setelah semua terintegrasi, tidak ada lagi masyarakat yang mengenakan kendaraan pribadi," kata Jokowi melalui kata sambutannya pada acara peresmian KA bandara.

Adapun tarif layanan KA bandara saat soft launching sebelumnya dipatok sebesar Rp 30.000. Rencananya, setelah beroperasi penuh pada hari ini, tarifnya akan menjadi Rp 70.000 atau menjadi tarif normal setelah sebelumnya masih harga promosi.

Pihak yang mengoperasikan layanan KA Bandara Soekarno-Hatta adalah PT Railink selaku anak usaha PT Kereta Api Indonesia (KAI). Layanan KA bandara terdiri dari 12 rangkaian kereta yang masing-masing rangkaian memiliki 42 bangku dengan total angkut sebanyak 272 penumpang. 

Waktu tempuh menuju Bandara Soekarno-Hatta menggunakan layanan KA bandara diperkirakan selama 54 menit.

Rute kereta Bandara Soekarno-Hatta adalah dari Stasiun Manggarai - Sudirman Baru - Duri - Batu Ceper - Bandara Soekarno Hatta.  

Pada masa pengoperasian awal ini, kereta Bandara Soekarno-Hatta tidak langsung berangkat dari Stasiun Manggarai lantaran stasiun tersebut masih dalam proses konstruksi.

Kompas TV Kali ini, ada jurnalis Kompas TV Dyan Nugraha dan juru kamera Noufal Helmy yang akan melaporkannya untuk Anda.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X