Tambahan Jumlah Perjalanan KA Bandara Tidak Ganggu Jadwal KRL Jabodetabek

Kompas.com - 02/01/2018, 14:08 WIB
Antusias masyarakat saat hari pertama uji coba kereta Bandara Soekarno-Hatta di Stasiun Sudirman Baru, Jakarta, Selasa (26/12/2017). Uji coba KA Bandara Soekarno-Hatta dilakukan hingga peresmian operasinya pada 2 Januari 2018. Selama uji coba, PT KAI telah menetapkan harga tiket yang bisa dibeli warga, yakni Rp 30.000. MAULANA MAHARDHIKAAntusias masyarakat saat hari pertama uji coba kereta Bandara Soekarno-Hatta di Stasiun Sudirman Baru, Jakarta, Selasa (26/12/2017). Uji coba KA Bandara Soekarno-Hatta dilakukan hingga peresmian operasinya pada 2 Januari 2018. Selama uji coba, PT KAI telah menetapkan harga tiket yang bisa dibeli warga, yakni Rp 30.000.
|
EditorAprillia Ika

TANGERANG, KOMPAS.com - Jumlah perjalanan kereta Bandara Soekarno-Hatta yang tadinya masih 42 jadwal per hari secara bertahap akan ditingkatkan menjadi 82 jadwal per hari.

Untuk menuju ke arah sana, PT Railink selaku operator KA bandara mengaku sudah memperhitungkan aspek teknis, termasuk pengaturan jadwal kereta dengan layanan KRL Jabodetabek.

"Kalau sampai 82 (perjalanan per hari), tidak mengganggu (KRL Jabodetabek). Traffic itu sudah diperhitungkan semua, malah ke depan akan sampai 124 perjalanan per hari," kata Kepala Stasiun Kereta Bandara Soekarno-Hatta, Siswanto, saat ditemui pada Selasa (2/1/2018).

Baca juga : Saat Semua Prasarana Siap, Tarif KA Bandara Soekarno-Hatta Naik Jadi Rp 100.000

Hal itu dinilai perlu disampaikan karena ada anggapan bahwa sejak ada kereta bandara, headway KRL lintas Duri-Tangerang jadi lebih lama. Ditambah, rute kereta bandara memang bersinggungan dengan jalur layanan KRL Duri-Tangerang.

Siswanto menjelaskan, 82 perjalanan KA bandara per hari rencananya akan mulai diterapkan pada bulan Maret 2018 mendatang. Bersamaan dengan itu, renovasi sejumlah stasiun yang melayani rute ke Bandara Soekarno-Hatta juga diharapkan segera rampung.

Sampai saat ini, layanan KA bandara baru bisa diakses di beberapa stasiun dari total stasiun yang melayani rute tersebut. Stasiun yang dimaksud adalah Stasiun KA Bandara Soekarno-Hatta, Stasiun Batu Ceper, serta Stasiun BNI City atau Sudirman Baru.

Baca juga : Tampil Casual, Jokowi Resmikan Layanan KA Bandara Soekarno-Hatta

Sementara Stasiun Duri dan Stasiun Manggarai masih dalam proses perbaikan sehingga pengguna belum bisa menggunakan layanan KA bandara dari sana. Adapun tarif yang ditetapkan untuk layanan KA bandara tidak disubsidi oleh pemerintah, yaitu sebesar Rp 70.000.

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X