PLN Jamin Gangguan Listrik di Jakarta dan Tangerang Tidak Terjadi Lagi

Kompas.com - 03/01/2018, 12:30 WIB
General Manager PLN Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang (Disjaya) Ikhsan Asaad KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERA General Manager PLN Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang (Disjaya) Ikhsan Asaad
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Perusahaan Listrik Negara ( PLN) menjamin listrik di wilayah Jakarta dan sekitarnya tidak mengalami gangguan mati listrik. 

Sebelumnya pada Selasa (2/1/2018), sebanyak 17 gardu induk mengalami gangguan yang mengakibatkan ribuan titik wilayah di Jakarta dan Tangerang mengalami gangguan mati listrik. 

"Insya Allah (gangguan listrik) Aman, PLN memprioritaskan di Jakarta. Sudah pasti kami akan all out untuk mencegah gangguan listrik tidak terjadi lagi," ujar General Manager PLN Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang (Disjaya) Ikhsan Asaad kepada Kompas.com, Rabu (3/1/2018). 

Baca juga : PLN: 17 Gardu Induk Pulih, Listrik di Jakarta dan Tangerang Kembali Menyala

Ikhsan mengungkapkan, gangguan listrik yang terjadi pada pagi kemarin karena adanya gangguan trafo Interbus Transformer (IBT) 500 MVA di Gardu Induk Gandul. 

Sehingga, gangguan trafo tersebut merembet ke 16 gardu induk lainnya yang mengakibatkan sebagian wilayah Jakarta dan Tangerang mengalami mati listrik. 

"Kami lagi investigasi, karena harus padam trafonya. Kami lakukan saat beban rendah hari Sabtu 6 Januari 2018," jelas dia. 

Meski demikian, Ikhsan mengatakan PLN sudah menyiapkan skenario jika memang kembali terjadi gangguan pada trafo tersebut. "Salah satunya, kami siapkan pasokan dari subsistem lainnya," kata dia. 

Baca juga : PLN Jelaskan Penyebab Mati Listrik di Wilayah Jakarta dan Tangerang

Sebelumnya, ribuan titik di wilayah Jakarta dan Tangerang mengalami mati listrik pada Selasa (2/1/2018) pukul 07.14 WIB. Gangguan mati listrik tersebut juga menyebabkan ganguan pada Kereta Rel Listrik (KRL). 

Gangguan tersebut disebabkan oleh adanya gangguan yang terjadi pada 17 gardu induk di wilayah Jakarta dan Tangerang.

Namun, gangguan tersebut bisa diatasi pada siang hari, sehingga listrik di wilayah Jakarta dan Tangerang kembali menyala. 

Baca juga : Ribuan Titik di Jabodetabek Alami Gangguan Mati Listrik

Kompas TV Warga membayar iuran Rp 4 ribu - 10 ribu untuk operasional genset bekas.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X