Tips Agar Tidak Telat Naik Pesawat Pakai Kereta Bandara dan "Skytrain" - Kompas.com

Tips Agar Tidak Telat Naik Pesawat Pakai Kereta Bandara dan "Skytrain"

Kompas.com - 03/01/2018, 13:30 WIB
Antusias masyarakat saat ingin mencoba kereta api bandara di Stasiun Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang,Banten, Selasa (26/12/2017). Uji coba KA Bandara Soekarno-Hatta dilakukan hingga peresmian operasinya pada 2 Januari 2018. Selama uji coba, PT KAI telah menetapkan harga tiket yang bisa dibeli warga, yakni Rp 30.000.MAULANA MAHARDHIKA Antusias masyarakat saat ingin mencoba kereta api bandara di Stasiun Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang,Banten, Selasa (26/12/2017). Uji coba KA Bandara Soekarno-Hatta dilakukan hingga peresmian operasinya pada 2 Januari 2018. Selama uji coba, PT KAI telah menetapkan harga tiket yang bisa dibeli warga, yakni Rp 30.000.

TANGERANG, KOMPAS.com - Beberapa pengguna jasa yang mencoba layanan kereta Bandara Soekarno-Hatta sempat mengeluhkan belum terkoneksinya waktu kedatangan kereta dengan layanan kereta layang atau skytrain yang berdampak pada mepetnya waktu untuk boarding.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Vice President Corporate Communication PT Angkasa Pura II Yado Yarismano berbagi tips agar hal itu tidak terjadi dan bisa mengejar jadwal pesawat tanpa harus terburu-buru.

1. Atur Jadwal Keberangkatan

Tips pertama, rencanakan waktu perjalanan mulai saat berangkat dari rumah sampai di terminal keberangkatan.

Baca juga : Tambahan Jumlah Perjalanan KA Bandara Tidak Ganggu Jadwal KRL Jabodetabek

2. Download Aplikasi Indonesia Airport

"Untuk memudahkan pengaturan jadwal, bisa lihat jadwal skytrain dengan download aplikasi Indonesia Airport. Kalau jadwal kereta bandara biasanya tercantum di tiketnya," kata Yado kepada Kompas.com pada Selasa (2/1/2018) malam.

Dengan mengetahui jadwal layanan skytrain, pengguna jasa bisa menyesuaikan waktu untuk menuju terminal dari Stasiun Kereta Bandara Soekarno-Hatta.

3. Manfaatkan Layanan Self Check-In

Tips berikutnya adalah memanfaatkan layanan self check in.

Layanan self check in sudah tersedia di stasiun keberangkatan layanan kereta bandara, seperti di Stasiun BNI City atau Sudirman Baru maupun di Stasiun Kereta Bandara Soekarno-Hatta sendiri.

Dengan mengurus proses check in di awal, saat di terminal pengguna jasa bisa langsung boarding tanpa harus antre lagi di counter check in.

4. Luangkan waktu lebih banyak

"Kami menyarankan supaya penumpang menyiapkan waktu lebih sebelum naik pesawat, jangan datang terlalu mepet," tutur Yado.

Baca juga : Tampil Casual, Jokowi Resmikan Layanan KA Bandara Soekarno-Hatta

Sebab, saat ini, kereta bandara baru melayani 42 perjalanan per hari. Pihak operator, yaitu PT Railink, secara bertahap akan menambah jadwal perjalanan kereta bandara menjadi 82 perjalanan per hari.

Seiring dengan penambahan jadwal perjalanan kereta bandara, PT Angkasa Pura II juga akan mengoperasikan hingga tiga trainset skytrain. Sampai saat ini, baru dua trainset yang dioperasikan dengan 13 menit untuk headway-nya.

Targetnya, setelah tiga trainset beroperasi, headway skytrain akan jadi lima menit, dengan kata lain tiap lima menit sekali akan ada skytrain yang mengangkut penumpang. Sehingga diharapkan bisa dengan cepat mengakomodir perpindahan penumpang ke terminal-terminal tujuannya.

Kompas TV Kereta layang ini menghubungan Terminal 2 dan 3.


EditorAprillia Ika
Komentar
Close Ads X