Menteri Rini: Ada Holding Migas, Bayar Pajak Akan Lebih Baik...

Kompas.com - 05/01/2018, 07:30 WIB
Menteri BUMN Rini Soemarno di sela Rapat Koordinasi BUMN, Kamis (21/12/2017) KOMPAS.com/Yoga Hastyadi WidiartantoMenteri BUMN Rini Soemarno di sela Rapat Koordinasi BUMN, Kamis (21/12/2017)
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menegaskan, pembentukan holding BUMN migas akan meningkatkan efisiensi maupun pendapatan BUMN migas itu sendiri.

"Kami harapkan dengan (holding) pendapatan yang lebih baik, efisiensi yang lebih baik, keuntungannya lebih baik, bayar pajak lebih baik, dan dividen lebih baik," ujar Rini di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis (4/12/2017).

Selain itu, lanjut Rini, pembentukan holding migas juga akan memperkuat posisi BUMN migas dalam industri migas nasional.

Baca juga : Holding Migas Demi Pemerataan Pembangunan Pipa Gas di Tanah Air

"Pada dasarnya holdingnisasi ini tujuannya memperkuat posisi BUMN di bidang industri migas," kata Rini.

Rini mengungkapkan, saat ini, PT Pertamina (Persero) memiliki anak usaha, yakni PT Pertagas, yang bertugas membangun infrastruktur gas di Indonesia.

Kemudian ada PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk yang juga memiliki tugas dan fungsi yang hampir sama.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dirinya menilai, jika adanya holding migas, maka investasi dan pekerjaan kedua BUMN tersebut bisa dikerjakan bersama dalam satu naungan holding migas.

Baca juga : Pengamat: Perlu Jalan Tengah untuk Holding Migas

"Pemanfaatan modalnya dapat dilakukan secara baik dan itu tentu akan memberi manfaat bagi negara maupun masyarakat," kata Rini.

Sementara itu, target pembentukan holding migas diharapkan rampung pada Maret 2018 mendatang.

Kompas TV Jumlah aset yang mencapai sekitar Rp 88 triliun akan memudahkan holding mendapat pembiayaan.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.