Tahun Ini, Padang dan Palembang Segera Punya Kereta Bandara

Kompas.com - 05/01/2018, 16:14 WIB
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua kereta bandara akan dioperasikan pada tahun 2018, yakni kereta Bandara Mingkabau Padang dan kereta Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang

Menurut Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri, kereta Bandara Minangkabau Padang yang akan dioperasikan pada Maret 2018.

"Kemarin kan kereta bandara Soekarno-Hatta yang diresmikan, dalam waktu dekat lagi bulan Maret 2018 kereta Bandara Minangkabau akan kita operasikan juga," ujar dia saat ditemui di Kantor Kemenhub Jakarta, Jumat (5/1/2018).

Kereta Bandara Minangkabau memiliki panjang jalur 23 kilometer. Panjang jalur tersebut terdiri dari jalur eksisting dan pembangunan rel baru. Rute kereta tersebut dimulai dari Stasiun Padang hingga Stasiun Kereta Bandara Mingkabau.

Sementara untuk kereta Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, terang Zulfikri, akan ditujukan untuk Asian Games 2018 yang digelar di Jakarta dan Palembang.

"Bulan Juni, ini event besar kita kereta Bandara Palembang kita akan operasikan," kata dia.

Sebelumnya, pada 2 Januari lalu telah diresmikan pengoperasian kereta Bandara Soekarno-Hatta. Kereta bandara tersebut mempunyai rute Manggarai-Soekarno-Hatta, tetapi untuk pengoperasian awal keberangkatan dimulai dari Stasiun Sudirman Baru.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.