China Bidik Pertumbuhan Ekonomi 6,5 Persen Tahun Ini

Kompas.com - 07/01/2018, 10:30 WIB
Ibu kota China, Beijing. Getty/International Business TimesIbu kota China, Beijing.
|
EditorAprillia Ika

BEIJING, KOMPAS.com - China bakal mematok pertumbuhan ekonomi pada kisaran 6,5 persen di tahun 2018 ini. Hal ini diketahui dibicarakan pada pertemuan perencanaan tingkat tinggi di negara tersebut.

Para pejabat tinggi China memutuskan untuk mempertahankan target pertumbuhan ekonomi yang sama dengan tahun 2017 pada Konferensi Ekonomi Partai Komunis China bulan lalu.

Sumber yang membeberkan hal ini meminta untuk dirahasiakan identitasnya lantaran hasil pertemuan belum bisa dipublikasikan.

Mengutip Bloomberg, Sabtu (6/1/2018), belum jelas bagaimana penjelasan terperinci mengenai target pertumbuhan tahun ini, termasuk rincian lainnya seperti misal pada tahun 2017 pemerintah China berkomitmen mempercepat laju pertumbuhan ekonomi jika memungkinkan.

Baca juga : Di China, Bisa Beli Gedung Pencakar Langit di Toko Online

 

Rincian mengenai target ekonomi China akan dirilis pada Kongres Rakyat Nasional pada Maret 2018 mendatang.

Para ekonom yang disurvei Bloomberg memproyeksikan pertumbuhan ekonomi China mencapai 6,5 persen tahun. Meskipun demikian, sejumlah pihak termasuk JPMorgan Chase & Co menaikkan outlook mereka, sejalan dengan permintaan eksternal yang kuat.

Target pertumbuhan ekonomi China biasanya dipublikasikan pada pertemuan legislatur nasional pada musim semi.

Dalam pertemuan perencanaan tingkat tinggi tersebut, para pejabat China mengkritik otoritas dan sektor keuangan karena tidak melakukan upaya cukup untuk mencegah gangguan pada pasar finansial, menyusul meningkatnya utang lokal.

Oleh karena itu, diperlukan upaya lebih banyak dan dideklarasikan pula kampanye 3 tahun melawan risiko finansial, polusi, dan kemiskinan.

China berada pada jalur yang tepat untuk mencapai laju pertumbuhan tertinggi sejak 2010. Pertumbuhan ekonomi pada kuartal IV 2017 mencapai 6,7 persen, menurut survei Bloomberg.

China akan merilis data pertumbuhan ekonomi kuartal IV 2017 pada 18 Januari 2018 mendatang. Adapun pada kuartal III 2017, pertumbuhan ekonomi China mencapai 6,8 persen.

Kompas TV Pesawat Hainan Airlines berhasil menempuh penerbangan internasional.


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Bloomberg
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X