Kompas.com - 08/01/2018, 06:45 WIB
Ilustrasi karyawan. istIlustrasi karyawan.
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Persaingan di lingkungan kerja merupakan hal yang wajar terjadi. Pasalnya, setiap karyawan pastilah ingin mencapai kesuksesan dalam karier mereka.

Namun, ketika motivasi untuk mencapai sukses dan kemajuan karier sangat tinggi, seseorang bisa berubah dari kompetitif menjadi agresif. Ini bisa mengganggu karyawan lainnya dan suasana kerja yang kondusif pun akhirnya sulit terbangun.

Apabila di tempat kerja Anda ada rekan kerja yang agresif semacam ini, ada sejumlah hal yang bisa dilakukan untuk menetralkannya. Mengutip USA Today, Senin (8/1/2018), berikut ini 4 strategi menghadapi rekan kerja yang agresif.

1. Jadi dan jaga diri sendiri

Kalau rekan kerja yang agresif ini melakukan sesuatu yang tidak benar, misalnya mengakui pekerjaan tim adalah hasil kerjanya sendiri atau mencuri proyek pribadi Anda, jangan sungkan menghadap atasan Anda atau bagian personalia. Jelaskan situasinya dengan jelas.

Baca juga : Hentikan Bisnis Beras, PT Tiga Pilar PHK 1.700 Karyawan

2. Bangun dan jaga hubungan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Rekan kerja yang agresif kadang tidak senang cuma memotong pembicaraan Anda dalam rapat. Mereka juga kadang ingin mengganggu kehidupan sosial Anda.

Kalau ini sudah terjadi, jangan merusak suasana, jagalah hubungan baik dengan rekan kerja yang lain. Raihlah pandangan positif dari mereka dan jadilah anggota tim yang baik.

Lakukan apapun yang bisa Anda lakukan, sehingga tidak terkucilkan atau mengucilkan diri hanya karena ada satu orang yang mengganggu kehidupan sosial Anda di tempat kerja.

3. Tetap fokus dan kerja dengan baik

Halaman:


Sumber USAToday
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.