Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Beras Naik, Bulog Siapkan Operasi Pasar

Kompas.com - 08/01/2018, 09:31 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Bulog) Djarot Kusumayakti membenarkan, saat ini telah terjadi kenaikan harga beras.

Kini pihaknya bersama dengan Kementerian Perdagangan, Satuan Tugas (Satgas) Pangan dan Persatuan Pengusaha Penggilingan Padi dan Beras (Perpadi) tengah berkonsolidasi menyiapkan operasi pasar di seluruh Indonesia dengan lebih masif dan melibatkan pelaku usaha.

Hal ini berkaca pada operasi pasar lalu yang cenderung tidak mencapai target meredam gejolak harga beras.

"Saya sampaikan bahwa benar telah terjadi kenaikan harga yang di luar yang kita kehendaki," ujar Djarot saat berbincang dengan Kompas.com, Senin (8/1/2018).

Baca juga: Luas Tanam Padi Oktober-September Turun, Harga Beras Mahal

Djarot mengatakan, operasi pasar beras sebenarnya telah dilakukan sejak dua bulan lalu untuk meredam harga gejolak beras, namun demikian tidak memberikan dampak berarti pada pergerakan harga beras di Indonesia.

"Dalam 2 bulan ini mencoba melakukan operasi pasar untuk meredam kenaikan, tetapi ternyata tetap terjadi (kenaikan) akhirnya ada kegagalan dalam operasi pasar atau tidak tercapai maksud dari operasi pasar itu," ungkapnya.

Berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPSN) harga rata-rata beras kualitas medium I di Jakarta telah mencapai Rp 13.600 per kilogram atau melewati batas Harga Eceran Tertinggi (HET) sebesar Rp 9.450 per kilogram.

Kemudian tertinggi ada di wilayah Papua Barat mencapai Rp 14.250 per kilogram atau melampaui Harga Eceran Tertinggi (HET) sebesar Rp Rp 10.250 per kilogram.

Kompas TV Harga sembako di beberapa daerah naik jelang tahun baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com