Ternyata Gaya Berbusana Tentukan Kesuksesan Anda - Kompas.com

Ternyata Gaya Berbusana Tentukan Kesuksesan Anda

Kompas.com - 08/01/2018, 11:39 WIB
IlustrasiTHINKSTOCK.COM Ilustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Suka atau tidak, cara berpenampilan dan berbusana memainkan peranan yang penting dalam kesuksesan seseorang di lingkungan kerja modern. Menurut seorang pakar kareer, penampilan seseoramg akan diterjemahkan ke dalam kinerja.

"Meskipun jika atasan Anda tidak banyak memerhatikan, ia akan memikirkan penampilan Anda. Jika Anda tidak sesuai (dalam berpenampilan), Anda tidak terlalu diterima," jelas Nicole Williams dari LinkedIn seperti dikutip dari www.executivestyle.com.au, Senin (8/1/2018).

Malahan, sebut Williams, dalam beberapa kasus, cara berbusana bisa menghambat promosi seseorang dalam pekerjaan. Saat ini busana kasual memang semakin populer, namun, memahami aturan berpenampilan bisa sangat rumit.

Berikut ini beberapa tips berbusana yang baik di tempat kerja yang dapat Anda ikuti.

1. Pahami gaya berbusana yang tepat sesuai industri

Ada baiknya Anda memahami gaya berbusana sesuai dengan industri yang Anda geluti. Apabila Anda bekerja di industri mode, tentu Anda bisa lebih leluasa dalam berekspresi melalui busana.

"Jika perusahaan Anda memiliki kode busana, ikutilah," ujar pakar etiket Barbara Pachter.

Baca juga: Catat, Ini Busana yang "Haram" Dikenakan Saat Wawancara Kerja

2. Hindari busana kebesaran atau kekecilan

"Jika busana Anda terlalu besar atau kecil, busana itu tidak akan terlihat bagus. Pastikan Anda mengenakan busana dengan ukuran yang tepat. Salah satu pewawancara kerja mengaku ia terganggu dengan dasi seseorang yang kekecilan," ungkap Pachter.

3. Kenakan kacamata yang sesuai

Kalau Anda mengenakan kacamata, pastikan kacamata Anda pas dan tidak merosot ke hidung. "Anda tidak boleh memperbaiki posisinya terus-menerus. Ini mengganggu," tutur Pachter.

4. Keringkan rambut

Jangan pernah meninggalkan rumah dengan rambut yang basah, saran Williams. Rambut yang basah mengisyaratkan Anda tidak memiliki kehidupan yang teratur, yang tersurat pada datang ke kantor dengan rambut basah.

5. Perhatikan pilihan tas

Selalu pastikan tas Anda bersih baik bagian luar atau dalamnya, apalagi jika tas Anda tidak memiliki ritsleting. Williams juga menyarankan para profesional untuk tidak memakai tas ransel karena terlihat seperti mahasiswa.

6. Hindari wewangian beraroma keras

"Apapun yang aromanya dapat tercium oleh semua orang tidak bagus," terang Williams. Pastikan Anda mengenakan wewangian, namun yang aromanya tak terlalu menusuk. Juga pastikan Anda tidak bau badan, caranya dengan bertanya pada orang yang dipercaya.

7. Pastikan sepatu bersih

"Salah satu perekrut mengatakan pada saya bahwa hal pertama yang diperhatikannya pada seorang kandidat adalah sepatunya. Pastikan sepatu Anda dalam kondisi yang baik dan bersih," ucap Pachter.

8. Perhatikan warna busana

Pachter mengingatkan Anda untuk memperhatikan pilihan warna busana. Warna gelap biasanya berbanding luus dengan kesan yang kuat.

Jika Anda akan presentasi, pastikan warna busana tidak bercampur dengan latar belakang tampilan presentasi Anda. Selain itu, hindari warna busana yang terlalu cerah, seperti warna neon.

Kompas TV Mengenal Gaya Berbusana "Modest Fashion"


EditorErlangga Djumena
Komentar
Close Ads X