Kompas.com - 08/01/2018, 11:39 WIB
Ilustrasi THINKSTOCK.COMIlustrasi
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Suka atau tidak, cara berpenampilan dan berbusana memainkan peranan yang penting dalam kesuksesan seseorang di lingkungan kerja modern. Menurut seorang pakar kareer, penampilan seseoramg akan diterjemahkan ke dalam kinerja.

"Meskipun jika atasan Anda tidak banyak memerhatikan, ia akan memikirkan penampilan Anda. Jika Anda tidak sesuai (dalam berpenampilan), Anda tidak terlalu diterima," jelas Nicole Williams dari LinkedIn seperti dikutip dari www.executivestyle.com.au, Senin (8/1/2018).

Malahan, sebut Williams, dalam beberapa kasus, cara berbusana bisa menghambat promosi seseorang dalam pekerjaan. Saat ini busana kasual memang semakin populer, namun, memahami aturan berpenampilan bisa sangat rumit.

Berikut ini beberapa tips berbusana yang baik di tempat kerja yang dapat Anda ikuti.

1. Pahami gaya berbusana yang tepat sesuai industri

Ada baiknya Anda memahami gaya berbusana sesuai dengan industri yang Anda geluti. Apabila Anda bekerja di industri mode, tentu Anda bisa lebih leluasa dalam berekspresi melalui busana.

"Jika perusahaan Anda memiliki kode busana, ikutilah," ujar pakar etiket Barbara Pachter.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Catat, Ini Busana yang "Haram" Dikenakan Saat Wawancara Kerja

2. Hindari busana kebesaran atau kekecilan

"Jika busana Anda terlalu besar atau kecil, busana itu tidak akan terlihat bagus. Pastikan Anda mengenakan busana dengan ukuran yang tepat. Salah satu pewawancara kerja mengaku ia terganggu dengan dasi seseorang yang kekecilan," ungkap Pachter.

3. Kenakan kacamata yang sesuai

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.