Kompas.com - 08/01/2018, 15:02 WIB
Ilustrasi uang kertas. AFPIlustrasi uang kertas.
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mencatat pertumbuhan rekening simpanan di atas Rp 2 miliar melambat sebesar 0,11 persen month to month dari bulan Oktober ke November 2017. Hingga November, jumlah rekening simpanan di atas Rp 2 miliar hanya 249.274 rekening.

Melihat hal tersebut, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) beranggapan bahwa banyak masyarakat yang mulai memindahkan dana mereka ke instrumen investasi lain yang lebih menguntungkan.

Mengutip Kontan.co.id, Senin (8/1/2018), Deputi Komisioner Pengawas Perbankan IV OJK Budi Armanto mengatakan, masyarakat saat ini kemungkinan melakukan diversivikasi. Artinya, suku bunga simpanan trennya menurun dan membuat pemegang dana akan memindahkan dana mereka ke instrumen investasi lain.

“Itu akan membuat rekening yang jumlahnya besar akan berpindah. Jika suku bunga turun maka pasar modal cenderung akan naik,” jelas Budi saat ditemui di Jakarta, Jumat (5/1/2018).

Budi menjelaskan, fenomena ini tidak akan terlalu mempengaruhi perbankan. Sekarang likuiditas perbankan masih empel dan tidak terpengaruh dari perpindahan dana besar ini, sehingga masih aman.

“Kredit juga belum tumbuh maksimal jadi masih banyak dana yang tersedia di perbankan,” tutup Budi.

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berita ini diambil dari Kontan.co.id dengan judul: OJK: Simpanan miliarder pindah ke instrumen lain

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.