Produk Turunan Kelapa Sawit SMART Jadi Bahan Edukasi

Kompas.com - 08/01/2018, 18:37 WIB
Margarin Filma, salah satu produk PT SMART Tbk. Margarin ini dikembangkan secara khusus untuk para profesional di bidang pembuatan roti yang menitikberatkan pada kelembutan dan pengembangan adonan yang optimal. Kompas.com/Josephus PrimusMargarin Filma, salah satu produk PT SMART Tbk. Margarin ini dikembangkan secara khusus untuk para profesional di bidang pembuatan roti yang menitikberatkan pada kelembutan dan pengembangan adonan yang optimal.
EditorJosephus Primus

JAKARTA, KOMPAS.com - Produk turunan kelapa sawit berbentuk margarin menjadi bahan edukasi di tingkat pendidikan tinggi pariwisata. Produk itu, sebagaimana siaran pers yang diterima Kompas.com hari ini, adalah merek Filma, Palmboom, dan I-Soc. Ketiga merek itu adalah produksi Sinar Mas Agribusiness and Food, melalui entitas usahanya PT SMART Tbk.

Dalam kaitan tersebut, SMART menggandeng kerja sama dengan Akademi Pariwisata Indonesia (Akpindo). "Dukungan ini untuk memajukan pendidikan kuliner di Tanah Air," kata Narayana Kusuma Widjaja, Head of Indonesia Industrial and Export Sinar Mas Agribusiness and Food dalam kesempatan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Direktur Akpindo Muhamad Arsyad.

Hal berikut yang menjadi sorotan dalam kerja sama itu adalah melalui edukasi para mahasiswa juga akan mampu mendorong citra positif produk turunan kelapa sawit lokal. Hal itu dinilai penting agar mahasiswa terutama jurusan pariwisata dan kuliner memperoleh informasi dan edukasi yang tepat mengenai kelapa sawit Indonesia, di tengah maraknya berita-berita negatif dari luar negeri.

"Kerja sama dengan institusi pendidikan bagi kami sangat penting, sehingga informasi yang benar, tepat, dan menyeluruh dapat diberikan kepada para cikal bakal pengguna dan pengolah bahan-bahan kelapa sawit di tengah kampanye hitam di mancanegara soal sawit Indonesia," sambung Narayana.

Arsyad kemudian menambahkan bahwa Filma, Palmboom, I-Soc di Akpindo akan dimanfaatkan mendukung mata kuliah Pastry, International Bakery, dan Cake Decoration.

Menurut Narayanan lagi, kerja sama kedua pihak memberi peluang para mahasiswa juga akan mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi pusat riset SMART Global Research and Development Center yang berlokasi di Marunda, Jakarta Utara.  "Di situ, kami melakukan pengelitian dan pengembangan produk. Salah satunya adalah pembaharuan formula terhadap produk-produk kami dengan menghilangkan lemak trans (trans-fat free) tanpa mengorbankan mutu produk,” paparnya.

Narayana menerangkan kerja sama di bidang pendidikan kuliner dengan Apkindo ini merupakan yang ketiga dengan sekolah/akademi pariwisata/kuliner. Sebelumnya, SMART melakukan kerja sama dengan Akademi Pariwisata Majapahit (Surabaya) pada Maret 2017 dan Bali Culinary Pastry School (Bali) pada April 2017.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X