Jalur Kereta Cianjur-Padalarang Dibuka, Warga Bogor ke Bandung Tak Perlu Dari Jakarta

Kompas.com - 09/01/2018, 14:30 WIB
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com -  PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) meminta agar Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk segera mereaktivasi jalur kereta Cianjur-Padalarang.

Direktur Utama KAI, Edi Sukmoro mengatakan, saat ini jalur kereta tersebut hanya berhenti di Cianjur saja. Padahal, kata dia, jalur kereta Cianjur hingga Padalarang sudah tersedia, namun kini jalur tersebut tidak dioperasikan lagi.

Sehingga, jalur kereta api Cianjur hingga Padalarang akan kembali direaktivasi. Jika jalur tersebut dibuka maka perjalanan ke Bandung memiliki dua jalur yakni jalur Gambir lewat Cikampek, dan jalur Bogor.

Dengan begitu, akan memudahkan warga Bogor yang ingin ke Bandung tidak perlu ke Stasiun Gambir terlebih dahulu.

Baca juga : Akhir 2018, Jatinegara-Bekasi akan Tersambung Jalur Kereta Dwiganda

"Sebetulnya track-nya ada. Sekarang yang operasi dari Jakarta Bogor, Sukabumi, Cianjur berhenti. Kalau itu tersambung maka orang dari Bogor mau ke Bandung naik kereta enggak perlu dari Jakarta ke Gambir. Bisa dari Bogor-Sukabumi-Cianjur-Padalarang bablas ke Bandung," ujar dia di Jakarta Railway Center, Selasa (8/1/2018).

Menurut Edi, saat ini reaktivasi jalur kereta Cianjur-Padalarangan hingga Bandung masih dalam studi kelaikan. Namun sayangnya, dia tidak menyebutkan kapan jalur kereta api tersebut selesai di reaktivasi.

"Mudah-mudahan cepet selesai. Saya berharap kalau perlu itu dari Bogor disambung sudah listrik. Itu ngangkutnya bisa lebih banyak lagi. Kami lihat nanti hasil studinya," kata dia.

Sekadar informasi, saat ini hanya kereta perintis KA Pangrango yang beroperasi dari Bogor-Sukabumi dengan tiga kali perjalanan pp setiap hari

Sementara, untuk Sukabumi-Cianjur terdapat KA Siliwangi yang juga beroperasi tiga kali perjalanan pp setiap hari.

Saat ini, Kemenhub juga sedang membangun jalur ganda atau double track dari Bogor-Sukabumi. Pembangunan jalur double track tersebut ditargekan selesai pada 2019.

Kompas TV PT Kereta Api Daerah Operasi Sembilan, Jember luncurkan kereta api kelas premium jarak jauh untuk musim libur panjang Hari Raya Natal dan Tahun Baru.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.