Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penumpang AirAsia Bisa Pesan Uber Sambil Check-in

Kompas.com - 09/01/2018, 15:37 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - AirAsia dan Uber bekerja sama untuk membuat penumpang bisa memesan kendaraan pada saat melakukan check-in penerbangan.

Harapannya, saat mendarat nanti, penumpang tidak perlu repot lagi karena driver Uber yang dipesan sudah menunggu di bandara.

Hal ini dimungkinkan berkat integrasi mendalam (deep link) antara aplikasi yang dimiliki oleh masing-masing perusahaan.

"Melalui kemitraan ini, pelanggan dapat memesan layanan Uber mereka bersamaan dengan rencana perjalanan yang telah disiapkan dan memastikan pengemudi Uber akan menanti setelah mereka mendarat," Chief Business Officer Uber Brooks Entwistle melalui keterangan resminya, Selasa (9/1/2018).

Baca juga : Bursa Awasi Ketat Saham AirAsia

Kerja sama antara AirAsia dan Uber berlaku di 52 kota di 16 pasar Asia Pasifik dan Amerika, sesuai dengan wilayah operasi serta ketersediaan aplikasi kedua perusahaan.

Selain itu, pengguna baru Uber juga dapat menikmati kode promo untuk perjalanan gratis ataupun diskon saat mereka mendaftarkan akun mereka dan memasukkan kode promo “AIRASIA”.

Untuk memastikan keberhasilan kerja sama ini, kedua perusahaan juga akan memulai upaya pemasaran bersama.

“AirAsia selalu mencari cara untuk melengkapi layanan inflight dengan layanan di luar penerbangan yang memenuhi standar kami. Kemitraan dengan Uber memungkinkan para pelanggan untuk merencanakan seluruh perjalanan mereka sejak ke luar rumah hingga sampai ke tempat tujuan," imbuh CEO Grup AirAsia, Tony Fernandes.

Baca juga : Melantai di BEI, Saham AirAsia Terus Terbang

Untuk diketahui, AirAsia selama ini diklaim telah menyumbangg lalu lintas penumpang tahunan di Asia Pasifik sebesar 60 juta orang.

Sedangkan Uber merupakan penyedia layanan ride sharing internasional yang sudah menjangkau lebih dari 500 kota di lebih dari 70 negara di seluruh dunia.

Aplikasi Uber sendiri memiliki fitur Schedule Rides yang memungkinkan pengguna menjadwalkan pesanan moda transportasi hingga 30 hari ke depan.

Baca juga : BCA Jalin Kerja Sama Bisnis dengan AirAsia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com