Rencana Pindah Ibu Kota, Bappenas Kaji Kriteria dan Kandidat Lokasi

Kompas.com - 09/01/2018, 17:00 WIB
Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro bersama jajarannya mengumumkan hasil analisis penurunan angka kemiskinan dan kesenjangan dari data BPS awal tahun 2018 pada Selasa (9/1/2018). KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERA Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro bersama jajarannya mengumumkan hasil analisis penurunan angka kemiskinan dan kesenjangan dari data BPS awal tahun 2018 pada Selasa (9/1/2018).
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional ( Bappenas) atau Menteri PPN Bambang Brodjonegoro mengatakan saat ini pihaknya sedang masuk pada tahap pembahasan fokus pada lokasi untuk rencana perpindahan Ibu Kota.

Dari perkembangan sebelumnya, Bambang menyebut hampir merampungkan kajian rencana tersebut untuk diperlihatkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Lagi membahas mengenai kriteria lokasi dan kandidat lokasi," kata Bambang saat ditemui di kantornya, Selasa (9/1/2018).

Bambang menjelaskan, dia belum bisa menyebutkan lokasi mana saja yang tengah dibahas untuk dijadikan Ibu Kota nantinya. Namun, yang pasti rencana tersebut terus berjalan dan kini beberapa kandidat tempat untuk pemindahan Ibu Kota dari DKI Jakarta sedang dibahas secara keseluruhan.

Baca juga : Menteri Agraria: Calon Ibu Kota Baru Harus Bebas Banjir

"Saya enggak nyebut nama, enggak nyebut daerah, pokoknya kandidat dari kriteria," tutur Bambang.

Ketika ditanya soal kemungkinan Palangkaraya, Kalimantan Tengah, yang akan dijadikan lokasi Ibu Kota baru, Bambang belum memastikan hal tersebut.

Dia juga mengungkapkan pihaknya belum membahas pada desain kota yang dijadikan Ibu Kota nanti.

Pada beberapa kesempatan yang lalu, Bambang hanya menuturkan kemungkinan lokasinya berada di luar pulau Jawa.

Baca juga : Kajian Pemindahan Ibu Kota akan Dirampungkan Akhir Tahun 2017

Saat disinggung mengenai anggaran pemindahan Ibu Kota, Bambang juga enggan membukanya saat ini. Pihaknya akan tetap fokus pada kajian yang diperlukan sebelum nanti memastikan di mana lokasi Ibu Kota baru akan dibangun.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X