Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Valuasi 6 Perusahaan Teknologi Ini Diprediksi Capai 1 Triliun Dollar AS pada 2020

Kompas.com - 10/01/2018, 10:15 WIB
Kontributor Amerika Serikat, Andri Donnal Putera

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga survei kuantitatif MKM Partners memprediksi akan ada 6 perusahaan teknologi yang mencapai nilai valuasi 1 triliun dolar AS pada tahun 2020. Perusahaan teknologi yang dimaksud adalah Apple, Alphabet, Amazon, Facebook, Tencent, dan Alibaba.

Dari laporan MKM Partners yang diterima Kompas.com pada Selasa (9/1/2018), tertera rincian prediksi dari masing-masing perusahaan teknologi tersebut dan kondisi yang memungkinkan valuasi 1 triliun dolar AS itu tercapai.

Untuk Apple, disebut MKM sebagai perusahaan yang sedikit lagi mencapai valuasi 1 triliun dolar AS, dengan perkiraan valuasi 2019 sebesar 925 miliar dolar AS dan terus bertambah.

Faktor utama pendorong peningkatan nilai valuasi Apple adalah siklus keluaran produk iPhone berikut dengan nilai penjualannya.

Untuk Alphabet yang merupakan perusahaan holding bentukan Google, diprediksi mencapai nilai valuasi 1 triliun dolar AS dalam tiga tahun mendatang, yakni 2021.

Faktor pendorong hal tersebut di antaranya peningkatan penggunaan YouTube dan layanan utama Google lainnya yang tersebar di penjuru dunia.

Kemudian untuk Amazon, diperkirakan mencapai nilai valuasi 875 miliar dolar AS pada 2020 dengan asumsi perusahaan menjaga tingkat pertumbuhan ekonominya dan meningkatkan penjualannya.

Jika kondisi itu tercapai, Amazon dinilai akan sampai pada 1 triliun dolar AS pada 2021 mendatang, dengan ekspansi bisnis sebagai faktor pendorong.

Perusahaan berikutnya, Facebook, disebut MKM berpotensi meningkat hingga nilai valuasinya 1 triliun dolar AS pada 2021. Kondisi itu bisa terpenuhi dengan catatan perusahaan terus meningkatkan pertumbuhannya dengan faktor pendorong monetisasi fitur messaging serta keputusan untuk ekspansi.

Dua perusahaan berikutnya merupakan korporasi asal China, yaitu Tencent dan Alibaba.

Tencent merupakan konglomerasi perusahaan yang fokus pada penyedia produk internet dan game, salah satu yang terkenal adalah WeChat. Sedangkan Alibaba adalah perusahaan yang bergerak di bidang e-commerce.

MKM memprediksi Tencent mampu mencapai nilai valuasi 1 triliun dolar AS pada 2020, dengan tetap mempertahankan dan mengembangkan produk game mereka. Sedangkan Alibaba diperkirakan juga mampu mencapai titik tersebut dengan terus memaksimalkan pendapatan dari beban iklan di internet, menutup bisnis yang merugikan, serta investasi di sektor swasta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com