Henley Passport Index, Indonesia Duduki Peringkat ke-72 Dunia - Kompas.com

Henley Passport Index, Indonesia Duduki Peringkat ke-72 Dunia

Kompas.com - 10/01/2018, 13:50 WIB
Paspor Indonesia.KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Paspor Indonesia.

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga pemeringkat internasional di bidang travel, Henley Passport Index, mencatat Indonesia menempati peringkat ke-72 dunia atau naik tujuh peringkat dari periode sebelumnya.

Henley juga menyebut Indonesia sebagai negara di Asia Tenggara yang kenaikan peringkat untuk Passport Index tertinggi dibandingkan negara lain.

"Indonesia sekarang telah memiliki akses bebas visa ke 63 negara dan menjadi peringkat ke enam untuk regional Asia Tenggara," kata Head of Southeast Asia Managing Partner of Henley and Partners, Dominic Volek, melalui keterangan tertulis kepada Kompas.com, Rabu (10/1/2018).

Baca juga : 4 Penyebab Melonjaknya Permintaan Paspor di Indonesia Tahun 2017

Volek menjelaskan, kebutuhan untuk akses bepergian ke berbagai tempat semakin tinggi, baik untuk keperluan bisnis maupun wisata atau leisure. Ditambah dengan perbaikan kondisi ekonomi global yang mendorong kebebasan seseorang untuk menuju tempat-tempat baru yang mereka inginkan.

Untuk negara-negara di Asia Tenggara, disebut Volek cukup stabil dalam Henley Passport Index. Peringkat pertama di Asia Tenggara ditempati oleh Singapura yang sekaligus menjadi ranking kedua dunia dalam Henley Passport Index.

Kemudian disusul oleh Malaysia di peringkat kedua wilayah Asia Tenggara, lalu dilanjutkan dengan Thailand, Filipina, dan negara lain seperti Kamboja, Vietnam, Timor Leste, Myanmar, Brunei, serta Laos.

Peringkat ini dinilai penting karena semakin banyak negara yang menawarkan program kewarganegaraan untuk merangsang pertumbuhan ekonomi, di samping maraknya kebijakan yang berseberangan seperti larangan bepergian seperti yang dilakukan Amerika Serikat.

Kompas TV Syarat Rp 25 Juta Bikin Paspor Baru Dicabut


EditorAprillia Ika
Komentar
Close Ads X