Mengajukan KUR di Bank Artha Graha Tidak Susah, Begini Caranya

Kompas.com - 10/01/2018, 18:39 WIB
Gedung Artha GrahaKOMPAS.com/ Dhoni Setiawan Gedung Artha Graha

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk mendorong perekonomian nasional, pemerintah telah menginisiasi program pembiayaan bagi usaha kecil dan menengah. Salah satunya yakni program Kredit Usaha Rakyat ( KUR).

Kredit ini disalurkan oleh perbankan yang telah ditunjuk pemerintah untuk membantu permodalan masyarakat dalam menjalankan kegiatan ekonomi, termasuk usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Data Global Entrepreneurship Monitor (GEM) pada 2016 menunjukkan bahwa Indonesia baru memunyai sekitar 1,65 persen pelaku wirausaha dari total jumlah penduduk 250 juta jiwa.

Padahal idealnya, jumlah wirausaha mencapai 2 persen dari total jumlah penduduk suatu negara.

Data GEM itu juga menunjukkan bahwa jumlah yang dimiliki Indonesia tertinggal ketimbang tiga negara di kawasan Asia Tenggara yakni Singapura, Malaysia, dan Thailand. Ketiganya mencatatkan angka 7 persen, 5 persen, dan 3 persen dari total jumlah penduduk masing-masing.

Tentunya, program KUR dimaksudkan untuk menggenjot jumlah wirausaha, yang memang selalu kesulitan modal di awal usahanya.

Baca juga: KUR Harus Tumbuhkan Wirausahawan Baru

Salah satu bank yang menyalurkan KUR adalah PT Bank Artha Graha Internasional Tbk. Bank Artha Graha memiliki beberapa jenis KUR yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

Kompas.com mendatangi salah satu kantor cabang perseroan di bilangan Jakarta Selatan untuk memperoleh informasi seputar KUR. Persyaratan untuk memperoleh KUR di bank ini ternyata tidak terlalu sulit.

Baca juga : Pemerintah Tetapkan Plafon Total KUR Rp 120 Triliun pada 2018

"Syarat pertama adalah memiliki rekening Bank Artha Graha kalau Ibu belum punya," kata salah seorang petugas customer service kepada Kompas.com.

Syarat lainnya adalah melampirkan fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik, kartu keluarga, akte nikah bagi yang sudah menikah, serta surat keterangan domisili bagi yang bertempat tinggal berbeda dengan alamat di KTP.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


EditorAprillia Ika
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X