Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Mata Uang Digital Ripple Terus Merosot

Kompas.com - 11/01/2018, 11:15 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

LONDON, KOMPAS.com - Kepanikan terus melanda investor mata uang digital ripple sejak awal pekan ini. Akibatnya, harga ripple terus merosot hingga pada Rabu (10/1/2018) waktu setempat atau Kamis (11/1/2018) waktu Indonesia.

Pada awal pekan, harga ripple sempat anjlok dari 3,22 dollar AS atau setara sekitar Rp 43.309 per koin menjadi 2,14 dollar AS atau sekira Rp 28.783 hanya dalam 11 jam. Angka ini berdasarkan pergerakan harga pada pusat perdagangan mata uang digital CoinMarketCap.

Sejak awal pekan hingga Rabu, nilai ripple sudah anjlok 55 persen dari level tertingginya. Harga ripple kini berada pada kisaran 1,70 dollar AS atau sekitar Rp 22.865.

Baca juga : Atur Mata Uang Digital, Korsel Ingin Gandeng China dan Jepang

Para investor menduga bahwa aksi jual ripple disebabkan keputusan CoinMarketCap untuk tidak menyertakan data dari penurakan mata uang digital di Korea Selatan. Ini berpengaruh pada perdagangan ripple setelahnya, yang harganya terus merosot.

"Keputusan CoinMarketCap untuk tidak menyertakan harga dari yang ditampilkan XRP membuat harga turun dan terjadi aksi jual karena panik. Lihat datanya dengan cermat dan jangan salah tangkap," ujar kepala kriptografer Ripple David Schwartz seperti dikutip dari media Inggris Express.

Schwartz berpandangan, harga ripple turun setelah CoinMarketCap mengubah metode penghitungan harga. Gelombang aksi jual dan aksi ambil untung yang didorong kepanikan pun tidak terhindari.

Baca juga : Harga Bitcoin dan Ripple Anjlok

Kapitalisasi pasar ripple juga ikut turun, yakni berkurang 70 miliar dollar AS sejak awal pekan hingga Rabu petang waktu Inggris.

Analis aset digital Marius Rupsys menyatakan, kinerja ripple yang naik turun tersebut sebenarnya merupakan bagian dari volatilitas mata uang digital. Ia mengungkapkan, harga ripple cenderung bergerak dalam lingkaran.

"(Harga) ripple cenderung meningkat ke level yang sangat tinggi, kemudian turun dalam periode yang cukup lama," tutur Rupsys.

Senada dengan Rupsys, Iqbal Ghandam, direktur pelaksana eToro, menyebut bahwa setelah harganya melonjak pada tahun 2017, ripple mengoreksi diri sendiri. Koreksi harga ripple, imbuh Ghandam, adalah hal umum.

"Sesuatu yang memiliki valuasi tinggi, seperti ripple, tidak bisa mempertahankan pertumbuhan ini karena tidak didorong fundamental, namun spekulasi," Rupsys menambahkan.

Baca juga : Warren Buffett: Mata Uang Digital Akan Berakhir Buruk

Kompas TV Bitcoin merupakan instrumen investasi yang menggiurkan. Disisi lain, pihak Bank Indonesia meminta masyarakat berhati-hati karena tidak ada jaminan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com