Bappebti Buka Peluang Perdagangan Bitcoin di Indonesia

Kompas.com - 11/01/2018, 15:17 WIB
Mesin ATM bitcoin di Italia. Gambar diambil pada 11 Desember 2017. AFP PHOTO/PIERRE TEYSSOTMesin ATM bitcoin di Italia. Gambar diambil pada 11 Desember 2017.
EditorErlangga Djumena

JAKARTA. KOMPAS.com - Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) membuka peluang perdagangan mata uang virtual bitcoin di Indonesia.

Kepala Biro Pembinaan dan Pengembangan Pasar Bappebti Dharmayugo Hermansyah menyebut pihaknya melihat kesempatan yang besar pada perdagangan produk ini.

"Untuk bitcoin sedang kami bahas, kami sudah dapat arahan dari Pak Bachrul (Kepala Bappebti), dan bursa serta kliring sedang dipersiapkan untuk diskusi bitcoin," sebut Dharmayugo kepada media di Jakarta, Rabu (10/10/2018).

Menurut dia, diskusi antara bursa derivatif komoditas dan Kliring Berjangka Indonesia direncanakan pada Januari ini.

Baca juga: Mungkinkah Bitcoin Diperdagangkan di Bursa Berjangka Indonesia?

Hasilnya akan digunakan sebagai rujukan untuk Bank Indonesia serta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) agar bisa mengizinkan perdagangan bitcoin di bursa.

"Kami belum membahas sampai mengenai kontrak fisiknya, tapi masih dalam tahap pembahasan yang detail untuk kontrak berjangka," jelas Dharmayugo. (Kontan/Tane Hadiyantono)

Berita ini sudah tayang di Kontan dengan judul  Bappebti buka peluang transaksi bitcoin

Kompas TV Bitcoin merupakan instrumen investasi yang menggiurkan. Disisi lain, pihak Bank Indonesia meminta masyarakat berhati-hati karena tidak ada jaminan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X