MarkPlus: Industri Pariwisata dan Kecantikan Tetap Tumbuh meski Ritel Lesu

Kompas.com - 11/01/2018, 16:30 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepanjang tahun lalu, industri ritel mengalami turbulensi. Kendati ekonomi stabil, nyatanya masyarakat masih menahan konsumsi rumah tangganya.

Anomali ini paling berdampak pada industri ritel, imbasnya banyak gerai ritel yang harus ditutup.

Mengutip Kontan.co.id, Kamis (11/1/2018), Jacky Mussry, Deputy CEO Markplus Inc menyampaikan ritel memang tidak baik pada tahun lalu. Namun ada beberapa produk atau sektor yang masih bertumbuh dan masih menjanjikan untuk terus meningkat di tahun ini.

"Sektor ritel itu parah di 2017 karena banyak yang tutup. Padahal pemerintah sudah tahan supaya inflasi tidak naik. Pemerintah tahan tidak naik supaya orang mau spend tetapi orang tidak spend," ujarnya di Jakarta, Kamis (11/1/2018).

Perubahan pola konsumsi menjadi salah satu hal yang harus diadaptasi oleh pelaku usaha. Sebab saat ini konsumsi ke arah lifestyle tetap mengalami pertumbuhan, malah untuk beberapa hal, orang masih mau untuk mengeluarkan spending-nya lebih besar.

"Ada produk yang kendati sudah dimiliki tetapi ingin tambah lagi seperti sepatu olahraga, parfum, fesyen dan liburan," lanjutnya.

Oleh karena itu, dirinya mengatakan pelaku industri perlu melakukan diferensiasi produk dan memberikan experience kepada pelanggan. Pasalnya, terbukti persoalan sepanjang tahun lalu bukan adanya penurunan daya beli melainkan adanya perpindahan spending belanja.

Buktinya untuk sektor pariwisata sepanjang tahun lalu justru bertumbuh signifikan. Selain itu, sektor industri kecantikan juga mengalami peningkatan dengan pertumbuhan mencapai 10,6 persen. Tahun ini dirinya mengatakan industri kecantikan juga masih akan bertumbuh.

 

Berita ini diambil dari Kontan.co.id dengan judul: MarkPlus: Pariwisata dan kecantikan tetap tumbuh meski ritel lesu


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.