Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri BUMN: Ratu Prabu atau Swasta Lain Boleh Membangun LRT

Kompas.com - 12/01/2018, 07:30 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

INDRAMAYU, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menyambut positif jika ada perusahaan swasta, baik itu PT Ratu Prabu atau lainnya, yang berniat menggarap proyek Light Rail Transit (LRT).

Menurut Rini Soemarno, tidak masalah siapa yang membangun LRT tersebut karena tujuan utamanya adalah mengadakan sarana transportasi massal untuk masyarakat. Terutama di kota besar seperti DKI Jakarta.

"Silahkan saja, kan (PT Ratu Prabu) itu swasta ya. Kami silahkan saja. Kami bersama-sama (swasta dengan BUMN) boleh, atau swasta sendiri juga boleh," ujar Rini saat ditemui di Indramayu, Kamis (11/1/2018).

Baca juga : Cerita di Balik Ketertarikan Ratu Prabu Bangun LRT Jakarta

Jika memang PT Ratu Prabu benar-benar ingin menggarap proyek LRT pun, menurut Rini, ranah keputusan pengerjaannya ada di tangan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

"Kalau keputusannya ini di Kementerian Perhubungan. Kalau misalnya penunjukan pun mungkin dengan cara konsesi, seperti yang dilakukan untuk jalan tol," terangnya.

Dia menambahkan saat ini yang jadi fokus pemerintah adalah menugaskan BUMN menggarap proyek dan mengalokasikan lahan untuk hunian serta tempat komersil.

"Sekarang yang kami utamakan adalah di BUMN ini, dengan lahan yang dimiliki PT KAI di stasiun-stasiun; kami ketemu gub wagub, kami mendorong agar dibangun hunian dan tempat komersil. Lalu 35 persennya dialokasikan untuk masyarakat berpenghasilan rendah," jelas Rini.

Baca juga : Menhub Persilakan Ratu Prabu Bangun LRT

Kompas TV Kamis (16/11/2017) DPRD DKI Jakarta akan memberikan pandangan dari setiap fraksi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com