Menteri BUMN: Ratu Prabu atau Swasta Lain Boleh Membangun LRT

Kompas.com - 12/01/2018, 07:30 WIB
Menteri BUMN Rini Soemarno saat meresmikan program kewirausahaan untuk petani dan MBB di Sliyeg, Indramayu, Kamis (11/1/2018) Yoga Hastyadi WidiartantoMenteri BUMN Rini Soemarno saat meresmikan program kewirausahaan untuk petani dan MBB di Sliyeg, Indramayu, Kamis (11/1/2018)
|
EditorAprillia Ika

INDRAMAYU, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menyambut positif jika ada perusahaan swasta, baik itu PT Ratu Prabu atau lainnya, yang berniat menggarap proyek Light Rail Transit (LRT).

Menurut Rini Soemarno, tidak masalah siapa yang membangun LRT tersebut karena tujuan utamanya adalah mengadakan sarana transportasi massal untuk masyarakat. Terutama di kota besar seperti DKI Jakarta.

"Silahkan saja, kan (PT Ratu Prabu) itu swasta ya. Kami silahkan saja. Kami bersama-sama (swasta dengan BUMN) boleh, atau swasta sendiri juga boleh," ujar Rini saat ditemui di Indramayu, Kamis (11/1/2018).

Baca juga : Cerita di Balik Ketertarikan Ratu Prabu Bangun LRT Jakarta

Jika memang PT Ratu Prabu benar-benar ingin menggarap proyek LRT pun, menurut Rini, ranah keputusan pengerjaannya ada di tangan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

"Kalau keputusannya ini di Kementerian Perhubungan. Kalau misalnya penunjukan pun mungkin dengan cara konsesi, seperti yang dilakukan untuk jalan tol," terangnya.

Dia menambahkan saat ini yang jadi fokus pemerintah adalah menugaskan BUMN menggarap proyek dan mengalokasikan lahan untuk hunian serta tempat komersil.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Sekarang yang kami utamakan adalah di BUMN ini, dengan lahan yang dimiliki PT KAI di stasiun-stasiun; kami ketemu gub wagub, kami mendorong agar dibangun hunian dan tempat komersil. Lalu 35 persennya dialokasikan untuk masyarakat berpenghasilan rendah," jelas Rini.

Baca juga : Menhub Persilakan Ratu Prabu Bangun LRT

Kompas TV Kamis (16/11/2017) DPRD DKI Jakarta akan memberikan pandangan dari setiap fraksi.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.