Naik Turun, Aksi "Rollercoaster" Mata Uang Digital

Kompas.com - 12/01/2018, 14:30 WIB
Sejumlah orang melintasi mesin ATM bitcoin di Hongkong. Gambar diambil pada 18 Desember 2017. AFP PHOTO/ANTHONY WALLACESejumlah orang melintasi mesin ATM bitcoin di Hongkong. Gambar diambil pada 18 Desember 2017.
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Mata uang digital menjadi topik yang hangat dibicarakan sejak tahun 2017 silam. Pasalnya, harga mata uang digital ini, termasuk di dalamnya adalah bitcoin, terus melonjak hingga mencapai ratusan juta rupiah.

Namun, bitcoin bukan satu-satunya mata uang digital yang ada dan diperdagangkan di dunia. Selain bitcoin, tiga besar mata uang digital adalah ethereum dan ripple.

Pun banyak lagi mata uang digital lainnya. Bahkan, The Economist, Jumat (12/1/2018), menyebut beragam mata uang digital baru lahir hampir setiap hari, dengan besaran kapitalisasi pasar yang beragam juga.

Kelahiran mereka kerap kali dilakukan melalui penawaran koin perdana alias initial coin offering (ICO).

Baca juga : Atur Mata Uang Digital, Korsel Ingin Gandeng China dan Jepang

CoinMarketCap mengurut setidaknya ada 1.400 jenis koin atau token digital, antara lain bernama Dogecoin, UFO Coin, PutinCoin, Sexcoin, hingga InsaneCoin. Hingga 10 Januari 2018 lalu, sekitar 40 di antaranya memiliki kapitalisasi pasar lebih dari 1 miliar dollar AS.

Hingga pukul 11.00, harga bitcoin menurut data CoinDesk berada pada level 13.633 dollar AS atau sekitar Rp 183,3 juta. Adapun harga ethereum berada pada level 1.211 dollar AS atau sekitar Rp 16,2 juta.

Rollercoaster

Namun, dalam beberapa hari terakhir, harga sejumlah mata uang digital besar mengalami naik turun bak rollercoaster. Mengapa demikian?

Pada awal pekan ini, nilai bitcoin dan ripple anjlok. Penyebabnya adalah situs jual beli mata uang digital CoinMarketCap tidak menyertakan harga dari sejumlah pusat perdagangan di Korea Selatan.

Harga ripple menurun 12,6 persen dan harga bitcoin melemah hampir 30 persen. Harga bitcoin merosot 10,6 persen dan litecoin 8 persen, menurut laman Coinbase.

Indeks bursa bitcoin juga melemah 11,7 persen di Cboe. Sementara, harga ethereum naik 2,4 persen ke level 1.100,50 dollar AS atau setara sekitar Rp 14,8 juta.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X