Semua Lini di Radio Diburu oleh Perusahaan... - Kompas.com

Semua Lini di Radio Diburu oleh Perusahaan...

Kompas.com - 14/01/2018, 11:39 WIB
Ketua Umum Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI) DKI Jakarta M RafiqKOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERA Ketua Umum Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI) DKI Jakarta M Rafiq

JAKARTA, KOMPAS.com - Jumlah pekerja baru di industri radio disebut masih sedikit dibandingkan industri media yang lain. Sementara, banyak pekerja radio yang sudah berpengalaman jadi incaran bidang kerja di luar radio karena dianggap punya kemampuan mumpuni, terutama untuk berkutat di dunia kreatif dan digital.

"Problem kami di supply and demand. Radio jadi tempat orang berburu SDM (sumber daya manusia), tapi kendalanya image kerja di radio buat orang luar masih diragukan," kata Ketua Umum Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI) DKI Jakarta, M Rafiq, saat ditemui Kompas.com beberapa waktu yang lalu.

Image atau pandangan orang luar yang dimaksud Rafiq adalah mereka yang meragukan apakah kerja di radio bisa menjanjikan. Menurut Rafiq, masih banyak orang belum percaya bahwa kerja di radio bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari, padahal radio swasta di Jakarta menawarkan peluang lebih besar dibanding radio di kota lain.

Dia menyebutkan, untuk honor seorang penyiar saja, yang tertinggi di Jakarta bisa mencapai Rp 60 juta sebulan. Hal itu dihitung dari honor siaran per jam Rp 750.000 dengan empat jam siaran sehari dan siaran dari Senin sampai Jumat selama sepekan.

Baca juga: Membedah Gaji Pekerja Industri Radio di Jakarta

"Jenjang karir untuk penyiar, start bisa dari Rp 50.000 per jam. Tidak sedikit juga yang merintis karir dari penyiar sekarang honornya puluhan juta sebulan," tutur Rafiq.

Terlepas dari profesi penyiar, posisi lain dalam industri radio juga dinilai menjanjikan. Ketika sudah berpengalaman dan dikenal di dunia radio, juga terbuka peluang lebih besar untuk berkarir di industri lain seperti advertising agency, industri rekaman, public relation company, media televisi, dan masih banyak lagi.

"Semua lini di radio diburu oleh perusahaan-perusahaan lain, seperti CGV dan Cinemaxx banyak ambil orang dari radio untuk bagian promosi mereka," ujar Rafiq.

Rafiq menyarankan, bagi anak muda yang baru mulai bekerja dan memilih industri radio, dapat mencoba sebagai penyiar atau account executive karena jenjang karir dan bonusnya lebih menjanjikan.

Kompas TV Grup Mahaka Akuisisi 4 Stasiun Radio


EditorErlangga Djumena
Komentar
Close Ads X