6 Cara Agar Liburan Tak Jadi Bencana Keuangan

Kompas.com - 15/01/2018, 08:09 WIB
Ilustrasi lelah usai liburan Monsterstock1Ilustrasi lelah usai liburan
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Liburan kini tidak hanya menjadi sarana relaksasi di tengah kesibukan yang padat dan penat, namun sudah menjadi kebutuhan. Akan tetapi, jangan sampai liburan yang harusnya menyenangkan malah menjadi bencana keuangan Anda.

Mengutip situs Moneycrashers.com, Senin (15/1/2018), ada sekitar 6 cara yang bisa Anda lakukan supaya keuangan Anda tidak "kebobolan" gara-gara liburan.

1. Definisikan prioritas liburan

Tahap paling awal namun paling penting dalam merencanakan liburan adalah mendefinisikan prioritas liburan Anda. Sebab, ini akan mempengaruhi pola pengeluaran Anda pula.

Beberapa prioritas liburan antara lain merasakan budaya berbeda, relaksasi, wisata kuliner, mempelajari hal baru, atau bisa juga mengunjungi lokasi spesifik, semisal pantai, gunung, atau tempat-tempat bersejarah.

Baca juga: 7 Manfaat Gunakan Transaksi Nontunai Ketimbang Uang Tunai Saat Liburan

2. Menyusun anggaran

Merencanakan liburan tanpa anggaran dapat menjadi hal yang berbahaya. Dengan menilik bujet pribadi dan tabungan Anda, pengeluaran rutin, dan variabel biaya lainnya, Anda bisa melihat ruang keuangan yang lowong yang dapat dimanfaatkan untuk liburan.

Agar lebih mudah menyusun anggaran liburan, ada banyak situs atau aplikasi yang dapat membantu Anda membuat anggaran sesuai dengan destinasi yang Anda pilih.

3. Berlibur bukan di masa liburan

Jika Anda memiliki jadwal fleksibel atau bisa dengan leluasa mengatur cuti, berliburlah bukan di periode puncak liburan alias low season. Selain biayanya cenderung lebih murah, destinasi yang akan dikunjungi pun lebih sepi.

Kalau Anda liburan di high season atau masa puncak, maka biasanya tiket transportasi dan akomodasi cenderung lebih mahal. Cari tahu kapan periode terbaik sekaligus termurah untuk mengunjungi destinasi tujuan Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X