Venezuela Beri Tunjangan Rp 51.300 Per Bulan untuk Ibu Hamil

Kompas.com - 17/01/2018, 10:35 WIB
Nicolas Maduro AFP Photo / Leo RamirezNicolas Maduro
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

CARACAS, KOMPAS.com - Presiden Venezuela Nicolas Maduro mengumumkan pemberian tunjangan bagi ibu hamil. Tunjangan tersebut sebesar 700.000 bolivar atau hanya setara sekitar Rp 51.300 per bulan.

Angka tersebut memang tampak besar dalam mata uang bolivar, namun dengan inflasi Venezuela yang sudah menyentuh ribuan persen, angka itu tidak ada artinya ketika dikonversikan ke dalam dollar AS. Maduro sendiri menyatakan angka tersebut kecil.

Mengutip CNN Money, Rabu (17/1/2018), ketika bayi lahir, maka tunjangan yang diterima para ibu akan ditambah 1 juta bolivar. Angka tersebut setara 5,48 dollar AS atau sekitar Rp 73.400 per bulan.

Maduro memperkirakan ada 150.000 orang ibu hamil yang akan menerima tunjangan tersebut. Syaratnya adalah mereka harus memiliki kartu tanda penduduk Venezuela, yang dianggap sebagai simbol dukungan terhadap Maduro.

Maduro tidak memberikan alasan spesifik mengenai kebijakan tunjangan tersebut. Meski besaran tunjangan yang diberikan amat sangat kecil, Maduro tetap memperoleh sambutan meriah dari para pendukungnya saat mengumumkan kebijakan itu.

Di tengah kondisi ekonomi yang anjlok, warga Venezula mengalami kekurangan pasokan obat-obatan, makanan, perlengkapan sanitasi, dan kebutuhan hidup sehari-hari lainnya. Tunjangan bagi para ibu hamil tersebut tetap akan membuat mereka kesulitan memenuhi kebutuhan hidup.

Hiperinflasi pun telah mengikis gaji warga Venezuela denfan cepat. Saat ini, 1 dollar AS setara dengan 182.000 bolivar, dibandingkan 41.000 bolivar pada November 2017 lalu.

Menurut Steve Hanke, profesor ekonomi terapan di Johns Hopkins University dan pakar hiperinflasi, angka inflasi di Venezuela pada tahun 2017 naik ke atas 4.000 persen.

Sebelumnya, Maduro telah memutuskan untuk menaikkan upah minimum bulanan beberapa kali. Pada November 2017, ia memberikan voucher Natal senilai 500.000 bolivar, saat itu setara 12 dollar AS atau sekitar Rp 160.000.

Akan tetapi, saat ini, angka tersebut hanya setata sekitar Rp 36.700. Voucher tersebut dibagikan kepada 4 juta keluarga.

Maduro juga berupaya mengendalikan harga. Awal bulan ini, ia memerintahkan pasar swalayan swasta untuk memangkas harga bahan-bahan pangan, membuat para pembeli kebingungan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber CNN Money
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X