Tahun Ini, BNI Berencana Akuisisi Bank Menengah - Kompas.com

Tahun Ini, BNI Berencana Akuisisi Bank Menengah

Kompas.com - 17/01/2018, 19:21 WIB
Outlet Bank BNI di Stasiun BNI CityOutlet Bank BNI di Stasiun BNI City Outlet Bank BNI di Stasiun BNI City

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Negara Indonesia (Persero) atau BNI merencanakan sejumlah aksi korporasi pada tahun 2018 ini. Salah satu yang akan dilakukan oleh perseroan adalah melakukan akuisisi terhadap bank berskala menengah.

Direktur Keuangan BNI Rico Budidarmo menyatakan, aksi korporasi yang telah dilakukan oleh perseroan adalah dengan menyuntikkan permodalan kepada anak usaha, yakni BNI Syariah. Modal yang telah diinjeksikan sebesar Rp 1 triliun.

"Kami akan terus lihat anak usaha, khususnya perbankan, asuransi, dan modal ventura," ujar Rico dalam konferensi pers di Kantor Pusat BNI, Rabu (17/1/2018).

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama BNI Achmad Baiquni menyebut, pihaknya menyiapkan dana sebesar Rp 3 triliun untuk akuisisi. Dana tersebut, imbuh Baiquni, juga akan digunakan untuk penyertaan modal kepada anak usaha.

Baca juga : Berhasil Turunkan Kredit Bermasalah, Ini yang Dilakukan BNI

"Rp 3 triliun untuk penyertaan, akuisisi bank, anak usaha juga, kami belum tahu targetnya yang mana ya. Tahun kemarin kami siapkan juga Rp 3 triliun tidak terpakai semua, hanya Rp 1,3 triliun yang terpakai," jelas Baiquni.

Terkait pertumbuhan anorganik, Baiquni menyatakan sejak beberapa tahun terakhir perseroan selalu memasang target pertumbuhan anorganik dalam Rencana Bisnis Bank (RBB) yang diajukan kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Namun demikian, akuisisi bank bukan hal yang mudah.

Baiquni menuturkan, akuisisi terhadap bank dilakukan untuk memperkuat bisnis inti BNI. Selain itu, BNI juga akan melihat harga yang harus dibayar untuk akuisisi tersebut.

"Kalo ingin akuisisi, kami lihat besarnya aset, apakah bisnisnya melengkapi core business kami, dan bagaimana harganya," terang Baiquni.

BNI telah menargetkan 10,2 persen dari total laba tahun ini dkontribusikan oleh lima anak usaha BNI yang terdiri dari BNI Syariah, BNI Life, BNI Multifinance, BNI Sekuritas, dan BNI Asset Management.

Tahun lalu, kelima anak perusahaan tersebut mampu berkontribusi 9,8 persen terhadap total laba konsolidasi BNI. Angka ini naik dibandingkan tahun 2016 yang kontribusinya sebesar 8,4 persen.

Kompas TV Sumitomo Financial sudah memiliki saham BTPN sebesar 40 persen.


EditorAprillia Ika
Komentar
Close Ads X