Begini Cara Utak-atik Gaji Kecil agar Cukup Sebulan

Kompas.com - 18/01/2018, 08:00 WIB
Ilustrasi gajizest_marina Ilustrasi gaji

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak orang yang berpendapat jika gaji kecil tidak membutuhkan pengaturan keuangan yang baik. Hal ini karena gaji tersebut hanya akan mencukupi kebutuhann sehari-hari sehingga banyak yang berpendapat jika pengelolaan bukanlah hal yang penting. 

Pendapat ini sebenarnya sangat salah. Gaji yang terbatas sebenarnya butuh diatur agar tidak membuat tabungan cepat terkuras.

Gaji yang sedikit jika diutak-atik akan lebih bermanfaat ke depannya. Bahkan, dengan gaji yang minim, Anda bisa mengalokasikannya untuk ditabung ataupun diinvestasikan.

Kuncinya adalah satu, disiplin saat mengatur keuangan. Tidak ada ruginya jika Anda mengatur keuangan dengan baik meskipun gaji minim. Namun, mengatur gaji yang minim bukanlah hal yang mudah.

Baca juga : 6 Profesi Dengan Gaji Tinggi dan Banyak Dicari Pada 2018

 

Berikut ini beberapa trik yang dapat membantu menyiasati gaji yang minim agar dapat bermanfaat.

1.Buat Skala Prioritas

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan membuat skala prioritas. Tulis semua kebutuhan secara urut mulai dari yang paling diprioritaskan terlebih dahulu. Misalnya, jika memiliki tagihan, tulis seluruh tagihan yang dimiliki di prioritas utama.

Dengan begitu, nantinya terlihat berapa banyak jumlah utang yang harus dibayarkan. Dari sana Anda mengerti utang mana yang harus dibayarkan terlebih dahulu.

Tak hanya utang-utang, tulis kebutuhan utama lainnya yang memang penting. Jika Anda merasa kehidupan terlalu mewah, tidak ada salahnya  untuk menekan pengeluaran.

Misalnya, kalau memiliki kebiasaan makan siang di kantin kantor, coba ubah kebiasaan tersebut dengan membawa bekal dari rumah.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


EditorAprillia Ika

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X